-->








Koramil 24 Nibong Panen Padi Perdana

08 April, 2015, 17.20 WIB Last Updated 2015-04-08T10:20:37Z
LHOKSUKON -  Koramil 24 Nibong Kodim 0103 Aceh Utara bersama anggota Kelompok Tani "Beureuteh" di Desa Nibong Wakheuh  kecamatan itu melakukan panen padi perdana dalam Program Swasembada Pangan Nasional, Rabu (8/4/2015).

Komandan Kodim 0103 Aceh Utara Letkol Inf Iwan Rosandriyanto SIP, yang didampingi Komandan Koramil 24 Nibong, Kapten Inf Sarman mengatakan, kegiatan tersebut merupakan puncak pelaksanaan kerjasama di bidang ketahanan pangan antara Koramil 24 Nibong dengan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) setempat bersama para Petani.

“Keterlibatan TNI dalam program peningkatan swasembada dan ketahanan pangan merupakan program yang digagas oleh Presiden Jokowi,” kata Kapten Sarman, kepada lintasatjeh.com.. 

Danramil 24 Nibong menambahkan, melalui program kerjasama ini, diharapkan produksi padi semakin bertambah, masa panen bisa lebih singkat, sehingga secara langsung membantu peningkatan produksi padi, khususnya di kecamatan Nibong hingga lebih 5 persen dari tahun sebelumnya.

Untuk itu, Danramil meminta kepada para petani agar menerapkan sistem "legowo" dengan baik dan benar, melakukan pola tanam secara serentak, serta senantiasa menggunakan benih unggul dan berkualitas.

Adapun hasil panen padi kali ini menggunakan bibit padi unggul jenis "Ciherang" dengan luas tanam 30 Ha dengan hasil per Ha 7,5 Ton, secara hitungan angka ini meningkat dari tahun sebelumnya dengan luas tanam yang sama keseluruhannya mencapai 225 ton.

"Hal itu dihitung dalam per desa," ujarnya menambahkan.

Kapten Sarman menyebutkan, kendala yang dihadapi oleh para petani di kecamatan tersebut saat ini seperti desa Bumban luas 25 Ha, Alue Ngoem luas sawah 60 Ha dan desa Alue Panah luas areal 30 Ha yang masih menerapkan sistem pompanisasi maka hasil panen tidak maksimal.

"Untuk satu hektar lahan tersebut hanya menghasilkan 4 ton padi," pungkas Kapten Sarman seraya menambahkan bahwa pihaknya juga sedang mengupayakan penambahan satu unit mesin pompa air dari pihak terkait. [pin]
Komentar

Tampilkan

Terkini