-->








Awal Bulan, Kecamatan Matangkuli Dilanda Banjir

01 September, 2015, 19.39 WIB Last Updated 2015-09-01T12:40:22Z
LHOKSUKON - Dampak hujan deras yang mengguyur pegunungan selama dua hari ini mengakibatkan sejumlah desa di Kecamatan Matangkuli, Aceh Utara digenangi banjir.

Banjir yang datang tiba-tiba pada Selasa (1/9/2015) dinihari pukul 04:00 WIB itu sempat membuat akses menuju jalan pedesaan lumpuh. Namun sejak sore tadi, banjir sudah surut.

Banjir dengan ketinggian rata-rata 30 cm itupun tidak membuat aktivitas dibeberapa sekolah terhenti. "Hanya banjir kecil, aktivitas sekolah pun tetap dilaksanakan," kata Kepala UPTD Matangkuli, Sarjan.

Dikatakannya, banjir sempat menggenangi sebagian pekarangan sekolah. Tapi kondisi itu tidak membuat aktivitas belajar mengajar terputus.

Ramli warga setempat mengatakan, Kecamatan Matangkuli bukanlah kawasan yang baru digenangi banjir. Tiap tahun kecamatan yang sebagian tidak memiliki tanggul sungai itu kerap langganan banjir.

Selain Matangkuli, kecamatan yang kerap diterjang banjir adalah Kecamatan Pirak Timu, tepatnya di Desa Alue Bungkoh dan Rayeuk Pange.

Akhir 2014 lalu, Matangkuli dan Pirak Timu adalah salah satu kecamatan yang paling terparah diterjang banjir besar selain 27 kecamatan di Aceh Utara yang juga dilanda banjir. Ketinggian air rata-rata pada waktu itu mencapai tiga meter.

Sementara untuk hari ini dilaporkan bahwa kecamatan itu masih aman dan terkendali. "Masih aman, tidak banjir. Air sungai hanya nyaris meluap. Kita juga mesti antisipasi," kata Danramil Pirak Timu, Kapten Inf Anas.

Kepala BPBD Aceh Utara, Munawar Ibrahim SE mengatakan, meskipun banjir hari ini tidak terlalu besar, namun pihaknya tetap antisipasi.[chairul]
Komentar

Tampilkan

Terkini