-->








Penyakit Kaki Gajah Rambah Aceh Utara, Waspada!

06 Oktober, 2015, 21.37 WIB Last Updated 2015-10-06T14:38:15Z
IST
LHOKSUKON – Beberapa warga di Kabupaten Aceh Utara dikabarkan mulai terjangkit penyakit kaki gajah. Penyakit filariasis itu mulai menyerang sejumlah warga seperti di Desa Geumata, Trieng Pantang dan Blang Rubeuk Kecamatan Lhoksukon.

Kepala Puskesmas Lhoksukon, dr. Lukman mengatakan, hal itu sebagaimana laporan dari masing-masing Bidan Desa kepada pihaknya. Namun menurutnya masih bisa diobati.

"Laporan sementara yang saya peroleh dari Bidan Desa ada tiga orang terjangkit kaki gajah. Saat ini masih terus dilakukan pendataan ke desa lainnya," katanya, Selasa (6/10/2015).

Menurutnya lagi, kabar yang beredar di tengah masyarakat umum bahwa penyakit semacam itu hanya bertahan enam bulan dan kemudian meninggal dunia, adalah hanya sebatas isu saja.

"Tenang, ga usah panik. Penyakit itu memang ganas, lama, namun masih bisa diobati. Apalagi sekarang ada bantuan obat pencegah penyakit kaki gajah," ujarnya lagi.

Dikatakannya, gejala utama pada penyakit ganas tersebut salah satunya demam, dan setelah itu terjadi pembengkakan diantara anggota badan. Penyebabnya juga tidak terlepas dari gigitan nyamuk.[chairul]
Komentar

Tampilkan

Terkini