-->








Korem Garuda Hitam Amankan 168 Senpi Ilegal

23 November, 2015, 23.27 WIB Last Updated 2015-11-23T16:27:38Z
IST
PALEMBANG - Korem 043 Garuda Hitam, Kodam II/Sriwijaya mengamankan dan mengumpulkan 168 pucuk senjata api rakitan maupun organik ilegal atau tanpa dilengkapi surat izin kepemilikan resmi.

Kapendam II/Sriwijaya Kolonel Arh Saepul Mukti Ginanjar di Palembang, Senin (23/11) mengatakan, selama tiga bulan Kodam Sriwijaya melalui Korem Garuda Hitam (Gatam) Lampung telah mengumpulkan senjata api milik rakyat.

Menurut dia, pengumpulan senjata api ilegal ini bertujuan untuk menjaga stabilitas keamanan dan kondusifitas di wilayah Kodam II/Sriwijaya terutama menjelang pelaksanaan Pilkada serentak pada 9 Desember 2015.

Memang, lanjut dia, senjata api ilegal itu diserahkan secara sukarela oleh warga, baik langsung kepada Korem 043/Garuda Hitam (Gatam) maupun melalui Kodim setempat.

Sementara jenis senjata api itu antara lain senapan FN dan SS1, V2 standar dan laras panjang lainnya.

Menurut dia, ratusan pucuk senjata api tersebut dikumpulkan anggota Kodim Bandar Lampung, Lampung Barat, Tanggamus, Lampung Tengah, Lampung Utara, Lampung Selatan, Tulangbawang dan Way Kanan.

Dalam pengumpulan senjata api itu pihaknya telah berkoordinasi dengan Polda setempat, kata dia.

Yang jelas, lanjut dia, koordinasi tersebut untuk mengetahui kemungkinan senjata api itu ada milik oknum anggota.

Hal ini karena pihak Polri itulah yang mengetahui nomor atau registrasi senjata api.

Memang, kata dia, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Purwadi Mukson sangat mendukung pengumpulan senjata api tersebut.

Hal ini karena keberanian dan keikhlasan warga dalam penyerahan senjata api tidak sah tersebut berlangsung secara sukarela, katanya. [Suara Pembaruan]
Komentar

Tampilkan

Terkini