-->








Tingkatkan Kemampuan, Anggota TNI Kodim 0103/Aceh Utara Dilatih UTP

09 Februari, 2016, 12.57 WIB Last Updated 2016-02-09T05:57:20Z
LHOKSEUMAWE - Komando Distrik Militer (Kodim) 0103 Aceh Utara, menggelar Kegiatan Uji Keterampilan Perorangan (UTP) Umum. Pembukaan  UTP ditandai dengan pemasangan tanda peserta dan penguji  latihan pada upacara pembukaan oleh Komandan Kodim (Dandim) 0103 Aceh Utara, Letkol Inf Eka Oktavian Wahyu Cahyono, Selasa (9/2/2016).

Komandan Kodim (Dandim) 0103 Aceh Utara, Letkol Inf Eka Oktavian Wahyu Cahyono, dalam sambutanya mengatakan bahwa tujuan dilaksankan uji terampil perorangan umun ini untuk merealisasi program kerja dari satuan atas sebagai ujian bagi perorangan sesuai fungsi dan jabatan masing-masing dan untuk mengetahui sampai sejauh mana penguasan materi pengetahuan dan ketrampilan para anggota mulai dari yang berpangkat Tamtama  (Pratu-kopka) sampai dengan Bintara (Serda-Peltu). 

Dalam UTP Umun ini diharapkan kepekaan dan kepedulian mutlak harus dimiliki oleh setiap prajurit TNI-AD didalam wilayah atau mayarakat agar tidak timbul gejolak dan persoalan serta selalu dapat mendengar aspirsi apapun yang berkembang dan yang terjdi di wilayahnya.

"Prajurit TNI Wajib untuk terus mengasah dan meningkatkan kemampuan dan keterampilannya dalam kegiatan latihan perorangan yang tentunya sesuai buku petunjuk BPUP 1 sampai dengan 7 dari Komando atas. Karena, kegiatan ini telah di tetapkan dalam program kerja," kata Eka

Sebelum kegiatan UTP Umum terlebih dahulu dilaksanakan kegiatan Latihan Perorangan Dasar (LATORSAR) terlebih dahulu yang diselenggarakan oleh Komandan Latihan, Kapten Inf Said Zahlul Fasya di Makodim 0103 Aceh Utara tanggal 11 s.d 22 Januari dan 02 s.d 03 Pebruari 2016. Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan UTP Umum selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 09-11 Pebruari 2016 bertempat di Komplek Koramil 01/Muara Satu, Desa Bhatuphat Kecamatan Muara Satu Kodya Lhokseumawe.

"Kegiatan Latihan ini diikuti oleh 585 Prajurit Bintara dan Tamtama. Sedangkan sebagai penguji materi UTP Umum adalah Para Perwira jajaran Kodim 0103 sebanyak 23 orang," tandasnya.

Lebih lanjut Letkol Eka mengatakan, bahwa bagi semua prajurit harus sungguh – sungguh, dengan kemampuan yang dimiliki dan selama pelaksanaan kegiatan latihan juga harus mengutamakan fakor keamanan masing masing Prajurit.

"Faktor keamanan tetap menjadi prioritas utama dan harus tetap dijaga. Sehingga pada akhir latihan mendapat hasil yang maksimal, dan dalam kondisi tertib, lancar dan aman," pesannya.

Adapun materi latihan yang harus di laksanakan oleh prajurit selain materi dasar Prajurit yaitu Pengetahuan senjata M.16 A, Ilmu Medan/Navrat, Teknik Tempur Dasar (Nikpursar), 5 Puan Ter, Binwanwil, Binkomsos dan Ke Tatalaksanaan Binter serta materi dasar yang lain.

"Selain latihannya sesuai dengan BPUP 1 sampai 7,para Prajurit juga dilatih cara mengatisipasi bila terjadi bahaya Bencana Alam di Wilayahnya, tentunya di aplikasikan di Lapangan nantinya," pungkas Dandim. [Liem]
Komentar

Tampilkan

Terkini