-->

Aceh Singkil Daerah Sangat Kaya Tapi Rakyatnya Sangat Miskin

16 Agustus, 2016, 00.52 WIB Last Updated 2016-08-15T17:53:48Z
BANDA ACEH - Kabupaten Aceh Singkil kaya sumber daya alam. Baik yang dapat diperbaharui maupun tidak. Namun, disana juga merupakan daerah termiskin di Indonesia khusus Provinsi Aceh saat ini. Pemerintah dinilai belum berupaya secara optimal mengentaskan kemiskinan dan pengangguran.

Hal ini diungkap Ustad Roesman kepada LintasAtjeh.com, Senin (15/08/2016), mengatakan bahwa ia akan mendampingi Tgk. Yakarim Munir (Ketua DPW PA Aceh Singkil) pada pemilihan Bupati Aceh Singkil tahun 2017 mendatang.

Partai yang akan mengusung pencalonannya adalah Partai Aceh, Gerindra dan PKS. Namun partai  yang lain juga tidak menutup kemungkinan akan memberikan dukungannya.

Keputusan yang diambil untuk terjun ke dunia politik  menjadi Wakil Yakarim Munir di pemilukada bukan karena semata kekuasaan jabatan. Hanya saja miris melihat kondisi masyarakat Aceh Singkil saat ini yang semakin hari kian semakin sulit, padahal kekayaan alam wilayah tersebut cukup lengkap, seperti laut, persawahan dan perkebunan, hanya saja pemerintah yang berkuasa saat ini tidak memanfaatkan sumber daya alam wilayah tersebut untuk kemakmuran rakyat.

Kabupaten Aceh Singkil adalah kabupaten pemekaran dari Aceh Selatan dan kabupaten tersebut juga sudah sudah melahirkan kota yakni Kota Subulussalam 9 tahun lalu yang terus melakukan perubahan kearah yang lebih baik. Namun sangat disayangkan Kabupaten Aceh Singkil saat ini menduduki peringkat 1 termiskin di seluruh Indonesia.

Dirinya juga mengatakan jika ia diberikan kepercayaan oleh masyarakat untuk memimpin Aceh Singkil, ada beberapa kegiatan yang akan diprioritaskan yaitu mengelola sumber daya alam di sekitar perkebunan dan persawahan. Serta mengelola kekayaan laut dengan mendorong masyarakat yang memiliki kemampuan dibidang tersebut.

Ada beberapa pertimbangan untuk mendampingi pak Yakarim Munir pada pemilihan 2017-2017, diantaranya karena melihat beliau ada komitmen niat baik merubah Aceh Singkil dalam segala hal. Antara lain melihat kecenderungan beliau ini banyak mengurusi masalah-masalah kehidupan masyarakat, seperti masalah pendidikan islam dengan semangat dan jiwa ingin mengangkat citra ulama kharismatik untuk membela kepentingan umat  dan masyarakat yang marjinal atau masyarakat yang tertinggal.

“Beliau juga dekat dengan masyarakat kalangan menengah kebawah, kita tahu keadaan Aceh Singkil hari ini, dimana terjadinya berbagai hal. Baik masalah pemerintahan, masalah keagamaan, sosial, budaya serta politik dan lain-lain sebagainya,” tandasnya.

Selain itu ada hal yang menarik bahwa beliau ingin mengembangkan wilayah pesisir Aceh Singkil. Aceh Singkil yang dimaksud ada beberapa kecamatan, seperti Singkil Utara, Kuala Baru, Kepulauan Banyak dan Pulau Banyak Barat.

“Inilah yang selama ini tidak seimbang dengan pembangunan, dan kedepan ingin diseimbangkan. Kita tahu bahwa sumber daya alam yang cukup menjanjikan bagi masa depan Singkil terutama di zona perikanan kelautan, zona pariwisata. Inilah yang tertarik saya untuk mendampingi Yakarim, karena banyak kesamaan visi dan misi," ungkap Roesman di lobi Hotel Hermes Banda Aceh.[Dw]
Komentar

Tampilkan

Terkini