-->

Ini Program Dinas Syariat Islam Kabupaten Aceh Tenggara

08 November, 2016, 14.38 WIB Last Updated 2016-11-08T07:39:21Z

ACEH TENGGARA - Dinas Syariat Islam merupakan salah satu perangkat kerja Kabupaten Aceh Tenggara yang bergerak di bidang khusus agama islam. Program kerja dinas ini meliputi pendidikan keagamaan, pembinaan, dakwah, dan pemberdayaan imam masjid jami'.

Berikut program kerja Dinas Syariat Islam Kabupaten Aceh Tenggara dari hasil wawancara singkat LintasAtjeh.com dengan Kepala Dinas Drs. H. Hamidin, M.Pd, di Kantor Dinas Syariat Islam Jalan Ahmadyani, No. 39, Kutacane, (8/11/2016).

T : Apa program Dinas SI Aceh Tenggara dii bidang pendidikan?

J :  Dalam bidang pendidikan dan pembinaan kata kadis, ada beberapa  program kita. Yakni pemberantasan buta aksara quran yang dimulai dari tahun 2014, pengembangan tilawatil quran, pusat pengembangan tilawatil quran, tahfiz quran dan tahfiz lanjutan. Ada puluhan murid dan guru yang aktif di setiap programnya.

T  : Kemudian untuk bidan lainnya?

J : Di bidang yang lainnya, seperti bidang dakwah dan pemberdayaan imam masjid, Kita memiliki program zikir dan imam masjid jami'. Zikir ini disebarkan di 16 kecamatan. Diadakan setiap dua minggu sekali, tempatnya di masjid jami' dinas syariat islam yang ada di setiap kecamatan.

T : Sejak kapan programnya berlangsung?

J : Kalau Imam Masjid Jami' itu programnya sudah dimulai dari Tahun 2015. Satu orang imam di setiap Masjid Jami'. Harus hafal al quran minimal satu juz sebagai syarat imamnya. Program imam masjid tersebut guna memakmurkan mesjid jami' dan memotivasi para hafiz. Kita berikan insentif kepada imam setiap bulannya.

T : Untuk terobosan program kedepannya?

J : Untuk 2017 mendatang, pihak dinas akan membuat program Desa Percontohan Syariat Islam. Tidak ada maksiat, jamaahnya lebih banyak dari desa lain sebagai syaratnya. Tahun depan Desa Percontohan masih dalam uji coba, nanti akan direkrut juga imam serta muadjin untuk desa itu.[MSR]
Komentar

Tampilkan

Terkini