-->

Pangdam IM: Korem 011 dan Jajarannya Harus Mampu Jadi Garda Terdepan

21 November, 2016, 21.35 WIB Last Updated 2016-11-21T14:35:13Z
LHOKSEUMAWE - TNI harus mampu menjadi garda terdepan dalam menghadapi setiap kekuatan yang ingin mengganggu persatuan dan kesatuan bangsa, khususnya prajurit TNI yang ada di jajaran Korem 011/Lilawangsa.

Hal tersebut dikatakan Panglima Kodam (Pangdam) Iskandar Muda, Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Tatang Sulaiman, saat memipin acara tradisi serah terima jabatan Komandan Korem 011/Lilawangsa, dari Kolonel Inf Dedy Agus Purwanto, SH, kepada Kolonel Inf Agus Firman Yusmono, Senin (21/11/2016) pukul 08.30 WIB, bertempat di Gedung KNPI Lhokseumawe.

Pangdam IM juga mengingatkan, sebagai alat negara, TNI tidak mentolerir gerakan-gerakan yang ingin memecah-belah bangsa, mengadu domba dengan provokasi dan politisasi SARA. TNI akan menjadi garda terdepan dalam menghadapi setiap kekuatan yang ingin mengganggu persatuan dan kesatuan bangsa.

Untuk itu, Komando Kewilayahan harus meningkatkan peran tiga pilar kekuatan desa (Babinsa, Babinkamtibmas dan Lurah) dalam melaksanakan deteksi dan antisipasi setiap gejala kerawanan yang muncul seperti peredaran narkoba, terorisme dan radikalisme, sehingga hal ini dapat dicegah dan diatasi sedini mungkin. Keberadaan ketiga pilar kekuatan desa menjadi kekuatan baru yang akan berdampak terhadap kemajuan sebuah provinsi.

Disamping itu, setiap prajurit harus menjadi pelopor bela negara dengan mengamalkan sikap teritorial yaitu, senyum simpatik, tegur sapa, salam penghormatan, yang didukung lima kemampuan teritorial, meliputi kemampuan temu cepat dan lapor cepat, manajemen teritorial, penguasaan wilayah dan pembinaan perlawanan rakyat, serta komunikasi sosial dalam rangka menciptakan ketahanan wilayah yang kondusif.

Tugas TNI dalam menjaga stabilitas keamanan selama masa pemilihan kepala daerah (pilkada) sangat mulia, karena TNI melaksanakan tugas untuk menjaga agar masyarakat yang sedang melaksanakan pesta demokrasi bisa berjalan dengan aman, tenteram dan damai untuk memilih pemimpin-pemimpin di wilayahnya masing-masing.

Jabatan merupakan amanah yang harus dipertanggungjawabkan kelak dihadapan Tuhan Yang Maha Esa, sehingga harus dijalankan dengan sebaik-baiknya sesuai aturan yang digariskan. Dengan dilandasi harapan dan rasa optimisme yang tinggi, saya yakin perwira yang hari ini mendapat kepercayaan  dan kehormatan untuk memangku jabatan yang baru, akan mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diberikan oleh pimpinan dengan sebaik-baiknya. Serta mampu mewujudkan kinerja yang berkualitas demi keberhasilan pelaksanaan tugas pokok Kodam Iskandar Muda.

Diakhir amanatnya, Pangdam IM berpesan, saya selaku Pangdam Iskandar Muda dan pribadi, mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, kepada Kolonel Inf Dedy Agus Purwanto, S.H, atas karya dan pengabdiannya selama menjabat sebagai Danrem 011/Lilawangsa. Dan Ibu Dedy Agus Purwanto, semoga pengabdian yang telah dilaksanakan selama ini, akan menjadi amal ibadah serta mendapatkan ridho dari Tuhan Yang Maha Kuasa, dan semoga kesuksesan selalu menyertai dalam mengemban jabatan di tempat yang baru sebagai Irdam di Kodam III/Siliwangi.

Selanjutnya kepada Kolonel Inf Agus Firman Yusmono, S.I.P, M.Si, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan atas dedikasinya selama menjabat sebagai Staf Ahli Pangdam Iskandar Muda Bidang Ilpengtek dan Lingkungan Hidup. Saya mengucapkan selamat atas pengangkatan dan kehormatan sebagai Danrem 011/Lilawangsa. Kehormatan dan penghargaan yang diberikan merupakan hasil sebuah pertimbangan dan penilaian yang cermat dan matang. Kepercayaan yang diberikan agar benar-benar dapat dipertanggungjawabkan.

“Demikian juga ucapan yang sama, saya sampaikan kepada Ibu Agus Firman Yusmono, disertai harapan agar dapat mencurahkan segenap perhatiannya sebagai pendamping tugas suami dengan penuh keikhlasan,  serta berperan dalam membina organisasi Persit KCK Koorcab-Rem 011/Lilawangsa dengan sebaik-baiknya,” demikian Pangdam Iskandar Muda.[Rjl]
Komentar

Tampilkan

Terkini