-->

Pemberdayaan Ekonomi Harus Seiring dengan Pembangunan Infrastruktur

02 Maret, 2017, 14.33 WIB Last Updated 2017-03-02T07:34:33Z
ABDYA - Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) yang digelar setiap awal tahun untuk menyusun pogram pembangunan secara merata disemua sektor haruslah dijadikan momen penting dalam rangka mewujudkan pembangunan masyarakat seutuhnya.

Hal tersebut dikatakan Camat Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Zulfan saat memberi sambutan pada pembukaan Musrenbang tingkat Kecamatan Susoh, Kamis (02/03/2017), di aula Gedung Pertemuan Daerah setempat.

Menurutnya, program yang diusulkan haruslah melihat posisi daerah dan sumber penghasilannya daerah tersebut. Sehingga program yang diusulkan tidak hanya bertumpu pada pembanguan infrastruktur saja tanpa melihat sektor-sektor lain yang lebih dibutuhkan untuk peningkatan ekonomi  masyarakat.

“Sektor lain harus jadi perhatian penting,misalkan saja membuat sesuatu yang menjadi sumber pendapatan ekonomi masyarakat yang terintegrasi dengan daerah-daerah lain sedangkan pembangunan infrastruktur akan berjalan dengan sendirinya,” sebut Zulfan.

Lanjut Zulfan, dalam dua tahun terakhir setiap desa sudah memiliki anggaran tersendiri inipulalah yang menjadi sumber dana terpenting sesuai dengan tujuan Pemerintah Pusat membangun Indonesia dari desa, peningkatan ekonomi masyarakat menjadi hal terpenting untuk diselaraskan dengan pembangunan infrastruktur lain.

“Kita berharap semua aparatur desa jeli melihat sisi positif untuk membangun secara merata daerahnya masing-masing," harapnya.

Sementara itu, usai pembukaan Musrenbang tingkat Kecamatan Susoh oleh Asisten II Setdakab setempat Saiful Azhar SE, Camat Susoh yang ditemui LintasAtjeh.com menjelaskan beberapa program prioritas yang sangat dibutuhkan masyarakat seperti lanjutan pembangunan pengaman muara Kuala Batu, Muara Pulau Kayu serta muara Desa Sangkalan.

Menurutnya, tidak kalah penting pembangunan infrastruktur jalan hotmix sepanjang 10 KM pada setiap desa dan pengaman pantai Jelbab tempat rekreasi yang beberapa waktu lalu dihantam abrasi perlu perhatian khusus dari pihak dinas terkait.

"Selain pemerataan pembangunan pada setiap desa dan pemberdayaan ekonomi masyarakat, penanganan tiga muara dan hotmix serta pengaman tempat rekreasi mungkin yang lebih diutamakan di Kecamatan Susoh tanpa menganaktirikan sektor lainnya,” demikian Camat Susoh Zulfan.[ADI S]
Komentar

Tampilkan

Terkini