-->








Kritikan Tanpa Tabayyun Ala Syuibun Anwar Kepada Lintas Atjeh

01 April, 2017, 02.24 WIB Last Updated 2017-03-31T19:32:17Z
ACEH TAMIANG - Pemberitaan media online Lintas Atjeh terkait siaran pers (press release) yang disampaikan oleh Forum Peduli Rakyat Miskin (FPRM) Aceh, edisi Kamis 23 Maret 2017, berjudul 'FPRM : Wabup Aceh Tamiang Terkesan Dibodohi oleh Sang Bupati' telah memunculkan kritikan aneh dari seorang pejabat tinggi di kabupaten setempat, bernama Drs Syuibun Anwar. 

Kritikan aneh Syuibun Anwar yang dilontarkan melalui akun facebooknya pada status akun facebook milik seorang pegiat LSM LembAHtari atas nama Agem Gem Gem yang memposting pemberitaan terkait siaran pers yang disampaikan oleh Forum Peduli Rakyat Miskin (FPRM) Aceh, Jum'at (24/3/2017) kemarin merupakan kritikan yang terindikasi sebagai tuduhan kepada media online Lintas Atjeh.


Menurut keterangan yang dikutip dari komentar akun facebook milik Syuibun Anwar disimpulkan bahwa dirinya tidak akan mengakui pemberitaan media online Lintas Atjeh yang mengabarkan tentang adanya mutasi sejumlah pejabat dan akan dilakukan prosesi pelantikan pejabat pengganti pada Jum'at, 24 Maret 2017 kemarin, dan memunculkan informasi ke publik bahwa berita tersebut adalah informasi bohong yang bersifat opini, tanpa berdasarkan fakta dan data.       


Malah, dengan bahasa yang terkesan mengejek, Syuibun Anwar yang notabene sebagai Sekretaris DPRK Aceh Tamiang mengatakan kepada wartawan Lintas Atjeh agar tidak mendengarkan berita dari burung terbang karena menurutnya, fakta yang terjadi pada Jum'at, tanggal 24 Maret 2017 kemarin, yakni Wakil Bupati Aceh Tamiang, Iskandar Zulkarnain hanya melaksanakan pengukuhan dan pelantikan pejabat eselon II dan III di lingkungan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Aceh Tamiang.


Anehnya! Walau sejumlah netizen, termasuk wartawan media online Lintas Atjeh melalui akun facebook bernama Bang Iyong telah memberikan penjelasan yang sebenarnya, yakni berita tentang agenda mutasi dan jumlah prosesi pelantikan pejabat pengganti pada Jum'at 24 Maret 2017 bukanlah berita bohong. Bahkan Wakil Bupati Iskandar Zulkarnain dikabarkan terpaksa membatal pelantikan tersebut, sehingga pada hari itu hanya terlaksanakan acara pengukuhan dan pelantikan pejabat eselon II dan III di lingkungan Disdukcapil Kabupaten Aceh Tamiang. Lucunya, Syuibun Anwar berdebat dan bersikeras mempertahankan serta membenarkan pendapatnya yang sesat dari kebenaran.


Dikarenakan diskusi melalui facebook tidak menemukan kesimpulan yang mengarah pada kebenaran, maka wartawan Lintas Atjeh bersama Direktur Eksekutif LembAHtari, Sayed Zainal, M.SH didampingi anggota LembAHtari, Tarmizi AR (Agem) langsung menjumpai Syuibun Anwar di Kantor Sekretariat DPRK Aceh Tamiang, pada Jum'at (24/3/2017) sore.

Saat dikonfirmasi wartawan Lintas Atjeh, Syuibun Anwar tetap bersikeras mengatakan bahwa pemberitaan media online Lintas Atjeh yang mengabarkan tentang agenda mutasi dan jumlah prosesi pelantikan pejabat pengganti pada Jum'at, 24 Maret 2017 tidak benar dan bersifat opini. Dia menambahkan, faktanya pada hari itu hanya ada acara pengukuhan dan pelantikan pejabat eselon II dan III Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan Kabupaten Aceh Timur, berdasarkan SK Menteri Dalam Negeri.

Lucunya, Syuibun Anwar mengakui bahwa saat melontarkan kritikan terhadap pemberitaan media online Lintas Atjeh di media sosial facebook, dirinya tidak terlebih dahulu melakukan tabayyun (konfirmasi) tentang informasi yang sebenarnya pada Wakil Bupati Aceh Tamiang. Dan akhirnya dia berdalih bahwa tidak setuju terhadap judul berita yang memojokkan pimpinannya.

Syuibun Anwar juga menerangkan bahwa dirinya memahami tentang ilmu jurnalis/wartawan dan mengaku sering menulis. Tulisan-tulisannya diserahkan kepada pihak wartawan di Aceh Tamiang (nama wartawan dirahasia oleh redaksi-red). Dia juga mengaku bahwa dulu pernah punya buku undang-undang pers, tapi sekarang sudah buku tersebut hilang.

Ini kutipan atas kritikan Syuibun Anwar dan sejumlah komentar netizen:

Drs Syuibun Anwar :
Seharusnya lintas aceh dalam membuat berita bukan bersifat opini  tapi berdasarkan fakta dan data  Fakta yg terjadi adalah Wakil Bupati Aceh Tamiang melaksanakan Pengukuhan dan pelantikan pejabat essalon II dan III dilingkungan Kantor Catatan Sipil Berdasarkan SK Menteri Dalam Negeri.

Bang Iyong :
Ma'af Pak Drs Syuibun Anwar, jangan salah minum obat. Sudahkah bapak baca undangan yg disebarkan kemarin? Seharusnya bapak sadar diri bahwa bapak yang gagal paham tapi terkesan protes Lintas Atjeh. Coba pelajari dulu masalahnya baru kasi komentar.  Kasihan tokoh sehebat bapak salah minum obat ...

Sayed Zainal :
Ternyata PROPINSI diperintahkan oleh Menteri Dalam Negeri ke Doto bahwa Mutasi bbrp minggu yg lalu melanggar Undang Undang, untung tdk di Tamiang,,,yah mdhn jangan gagal fahammmmmm

Bang Toyib Bang Toyib :
Pening x ah....Mana yg benar...

Agem Gem Gem :
Bang Toyib Bang Toyib, mana bagus menurut ente aja wak

Bang Iyong :
Masak Drs Syuibun Anwar yang jabatan Sekwan DPRK Aceh Tamiang ngomongnya kayak orang BODOH??? Hancur Tamiang kayak gini!!!

Drs Syuibun Anwar :
Makanya jgn mendegar berita burung terbang kalau mutasi tolong sebutkan siapa yg dimutasi atau tidak paham pengertian mutasi  bang Iyong

Agem Gem Gem :
berati salah donk wakil bupati td mlm kasih informasi

Agem Gem Gem :
atau salah buat undangan

Bang Toyib Bang Toyib :
Nngk banyak membaca, x tu pejabat,

Agem Gem Gem :
Bang Toyib Bang Toyib. entah lah.. mungkin pintar dia di tamiang ini wak.. hehe

Bang Toyib Bang Toyib :
Gnti bang Toyib aja lah.

Agem Gem Gem :
setuju aja awak wak..

Sayed Zainal :
Kalau Bang Toyeb Jabatannya Wakil Sekretaris Dewan, tapi opo eneng

Bang Iyong :
Mana Drs Syuibun Anwar yang berlagak hebat? Cepat kasi komentar. Biar Tamiang tahu siapa saudara. BACA! BACA! BACA!

Bang Toyib Bang Toyib :
BG Sayed Zainal ngejek ah.

Sayed Zainal :
Baca dulu baru kate, rencana mutasi tapi tdk jadi, bace bace baru bicareeeee

Bang Iyong :
Ternyata! Sekwan Aceh Tamiang oknum pejabat nggak cerdas, tapi sok berlagak salahin orang. SAYA ULANGI SEKALI LAGI! Undangan pelantikan kemarin bukan saja pengukuhan pejabat capil, lalu naiklah berita Lintas Atjeh semalam dan pelantikan gagal dilaksanakan hari ini. Yang dilaksanakan hanya pengukuhan capil. Hal tsb diakui oleh Wabub Aceh Tamiang saat dikonfirmasi oleh Lintas Atjeh. Kenapa sekwan yang o'on?

Drs Syuibun Anwar :
Kok gagal lihat gambar pengkuhan jgn asal asbun

Drs Syuibun Anwar :
Itu gambar pengukuhan dilaksanakan pada hari jum'at tgl 24 03 17 jam 09.30 wib di Aula Sekdakab Atam oleh wakil Bupati

Bang Iyong :
Jangan krm foto itu sekwan. Tanyakan kpd wabub ttg undangan kemarin. Tidak ada hak saudara untuk mengklaim kebodohan saudara. Paham saudara?

Bang Iyong :
Tanyakan kepada Wabub, hal ini bukan ranah saudara. Emangnya saudara siapa?

Sayed Zainal :
Sedangkan di Aceh Tamiang akan ada mutasi ulang yg hari ini tdk jadi, tapi pelaksanaannya di Laut Lepas ujung Kuala Penaga sambil menyelam

Bang Iyong :
Kita harus selesaikan permasalahan ini secara tuntas, dan Lintas Atjeh akan bertemu langsung saudara nanti. Biar Tamiang paham ttg siapa yg sedang beropini. Lintas Atjeh-kah atau Sekwan DPRK Aceh Tamiang? Lintas Atjeh tdk anggap sepele masalah ini

Drs Syuibun Anwar :
Saya dikantor

Bang Toyib Bang Toyib :
Seru.!!!!!

Syahrel Nasir :
Direncanakan mau mutasi tapi gak jadi, malahan undangan sudah tersebar krn sudah naik berita lintas aceh tadi malam akhir nya acara mutasi hari ni dibatalkan.

Haprizal Roji :
Ganyang Penjilat jabatan!

Benk Fuad :
emang klu dibatalkan lintas aceh ada dirugikan ya bg iyong, trus undangan buat apa dijadikan bahan permasalahan.. jd opini seperti yg abg maksud itu ap

Bang Iyong :
Bg Benk Fuad, berita ini sebagai bahan pencerahan bagi yg berpandangan bahwa pelantikan tidak ada. Dan yang mengatakan opini bukan pihak Lintas Atjeh ...

Harahap Haerpe :
Assalamualaikum semua

Numpang lewat yaa, tapi gak berani komentar...... [Zf]
Komentar

Tampilkan

Terkini