Search This Blog

Banyak Di Baca

IKUTI VIA EMAIL

PV

Kabupaten Aceh Jaya Terima Penghargaan Peduli HAM

Share it:
JAKARTA - Kabupaten Aceh Jaya terpilih sebagai salah satu dari 4 (empat) kabupaten/kota di Provinsi Aceh yang mendapatkan penganugerahan Kabupaten/Kota Peduli HAM Tahun 2017, saat peringatan Hari Hak Asasi Manusia Sedunia ke-69 Tahun 2017, yang dipusatkan di Kota Surakarta, Jawa Tengah, Minggu (10/12/2017), dihadiri Presiden RI, Joko Widodo.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Bupati Aceh Jaya, Drs. H. T. IRFAN TB, dari Menteri Hukum dan HAM RI Dr. Yassona H. Laoly, SH, M.Sc di The Sunan Hotel Solo, Kota Surakarta.

Penghargaan kategori Peduli HAM, yang diperoleh Kabupaten Aceh Jaya tersebut merupakan hasil penilaian Kementerian Hukum dan HAM, berdasarkan terpenuhinya hak atas kesehatan, pendidikan, kesetaraan gender, serta rumah layak huni. Tim juri dari Kemenkumham RI mendatangi setiap kota/kabupaten untuk melakukan penilaian.

Penganugerahan Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) merupakan salah satu bentuk penghargaan terbesar yang diserahkan oleh Pemerintah Republik Indonesia kepada kabupaten/kota yang memenuhi standar penilaian sebagai kabupaten/kota Peduli HAM.

Sesuai dengan Pasal 3 Peraturan Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2016 tentang Kriteria Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia, kriteria daerah Kabupaten/Kota Peduli HAM didasarkan pada terpenuhinya hak atas kesehatan, hak atas pendidikan, hak perempuan dan anak, hak atas kependudukan, hak atas pekerjaan, hak atas perumahan yang layak dan hak atas lingkungan yang berkelanjutan. Adapun penilaiannya diukur berdasarkan indikator struktur, proses dan hasil terhadap 83 (delapan puluh tiga) data penilaian kriterianya tersebut.


Disela menerima penghargaan, Bupati Aceh Jaya Drs. H. T. Irfan TB mengatakan bahwa apresiasi dari Pemerintah Pusat tersebut kepada Kabupaten Aceh Jaya adalah kepedulian kita terhadap pendidikan, kesehatan, kependudukan, perumahan layak huni serta listrik gratis kepada masyarakat.

Lebih lanjut T. Irfan TB juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh komponen masyarakat dan para pemangku kepentingan yang selama ini telah peduli terhadap HAM.

"Terimakasih juga kami sampaikan kepada bupati yang lalu yaitu Ir. H. Azhar Abdurrahman yang telah bekerja keras sehingga Aceh Jaya mendapakan apresiasi dari Kemenkumham sebagai kabupaten/kota peduli terhadap HAM," ujar Irfan TB.

Kemudian Irfan TB, juga mengharapkan kepada seluruh SKPK, terutama dinas terkait untuk terus bekerja sebaik mungkin untuk mensejahterakan masyarakat.

"Kita harapkan kepada seluruh SKPK terkait, Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, DPMPKB, Dinas PUPR dan SKPK lainnya untuk terus bekerja dengan sebaik mungkin dalam rangka mensejahterakan masyarakat guna memenuhi standar kualitas Hak Asasi Manusia (HAM)," harap Irfan TB.[*]
Share it:

varia

Post A Comment: