-->








KIP Aceh Tengah Sosialisasikan Dapil dan Alokasi Kursi 

10 Mei, 2018, 19.18 WIB Last Updated 2018-05-10T12:18:33Z
ACEH TENGAH - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Tengah mensosialisasikan Penetapan Daerah Pemilihan (Dapil) dan Alokasi Kursi untuk Pemilihan Umum Tahun 2019. Hal ini dalam rangka menyukseskan Pemilihan Umum Serentak Tahun 2019. 

Ketua KIP Aceh Tengah, Marwansyah, S.HI, kepada LintasAtjeh.com, Kamis (10/05/2018), mengatakan kegiatan ini dilakukan guna memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait Surat Keputusan KPU RI tentang Penetapan Dapil dan Alokasi Kursi untuk Tahun 2019 mendatang.

"Sosialisasi ini merupakan pertemuan 4 kalinya dengan partai politik berdasarkan surat edaran KPU RI sehingga acara ini kita gelar kembali," terang dia.

Dalam penataan dapil dan alokasi kursi yang sudah kita tetapkan, kata Marwan, setidaknya telah memenuhi beberapa prinsip. Diantaranya, prinsip kesetaraan nilai suara, ketaatan pada sistem Pemilu yang proporsional, proporsionalitas, integralitas wilayah, berada pada cakupan wilayah yang sama, kohesivitas dan kesinambungan dengan Pemilu sebelumnya.

Hal senada juga diucapkan anggota Komisioner KIP Aceh Tengah, Ir. Ivan Astavan Manurung menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi tersebut melibatkan pengurus partai politik, akademisi, tokoh masyarakat dan ormas.

"Sebenarnya KIP Kabupaten Aceh Tengah sudah mengumumkan Penetapan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Pemilihan Anggota DPRK Kabupaten Aceh Tengah pada Bulan Februari 2018 lalu," ungkap pria yang akrab disapa Ivan itu.

Dan dalam pengumuman tersebut, lanjut dia, sudah ditetapkan bahwa daerah pemilihan untuk Aceh Tengah masih tetap dengan Pemilu sebelumnya begitu juga dengan alokasi kursi.

"Untuk Pemilu 2019, di Aceh Tengah ada empat daerah Pemilihan yaitu Dapil 1 meliputi Kecamatan Lut Tawar, Kebayakan, Bintang. Dapil 2 meliputi Kecamatan Pegasing, Linge, Jagong jeget dan Atu Lintang. Dapil 3 yakni Kecamatan Celala, Ketol, Silih Nara dan Rusip Antara. Kemudian Dapil 4 meliputi Kecamatan Bebesen, Bies dan Kecamatan Kute Panang," terangnya.[Roni]    
Komentar

Tampilkan

Terkini