Search This Blog

Banyak Di Baca

IKUTI VIA EMAIL

PV

Kunjungan ke Oslo, Ini yang Dibahas Wakil Ketua BPK RI!

Share it:
OSLO - Wakil Ketua BPK, Prof Dr Bahrullah Akbar melakukan kunjungan kerja ke Oslo guna membahas potensi kerjasama IDI dengan BPK dan ASEANSAI. 

Pertemuan antara Prof Dr Bahrullah Akbar dengan Director General of INTOSAI Development Initiatives (IDI), Einar Gorrissen di Kantor IDI dilaksanakan di Oslo, Norwegia, Senin (25/06/2018).

Dalam petemuan tersebut, Wakil Ketua BPK Prof Dr Bahrullah Akbar
menyatakan, penghargaan atas peran IDI selama ini di lingkup internasional, regional, dan bilateral dalam proses capacity building Supreme Audit Institutions (SAI) termasuk di BPK. 

Dimana sebelumnya beberapa pegawai BPK telah mengikuti program pelatihan, piloting dan sertifikasi termasuk berkontribusi sebagai subject matter experts di berbagai kegiatan IDI.

Dijelaskan Wakil Ketua BPK, beberapa kemungkinan kerja sama antara lain IDI memfasilitasi penilaian peer review untuk BPK dengan menggunakan metodologi Performance Measurement Framework (PMF), sertifikasi pemeriksa keuangan negara di BPK.

Selain itu, mengembangkan Badan Pendidikan dan Pelatihan (Badiklat) BPK sebagai Global Learning Center for SDGs Auditing, sebagai Global SAIs Learning Network, dan juga kontribusi capacity building IDI terhadap Badiklat BPK untuk memenuhi spefisikasi teknis kebutuhan IDI. 

Pada akhir pertemuan, Einar Gorrissen berharap, bahwa pertemuan ini menjadi pondasi bagi kerja sama IDI dan BPK dalam waktu dekat.

Kunjungan Wakil Ketua BPK ke Oslo, juga dalam rangka menghadiri Meeting of INTOSAI-Regions Coordination Platform tanggal 25-27 Juni 2018 yang dihadiri oleh Ketua Goal committees, IDI, Organisasi Regional, Intosia General Secretariat.

"Dengan tujuan membangun koordinasi dan menyelaraskan berbagai kegiatan yang dilakukan oleh organisasi regional serta untuk mengeksplorasi kemungkinan kegiatan yang akan dilakukan kedepannya," sebutnya.

Serta melakukan kunjungan kerja ke KBRI Oslo menemui Duta Besar RI katanya, untuk Kerajaan Norwegia dan Republik Islandia, Todung Mulya Lubis. Pertemuan ini menghasilkan persamaan persepsi dan komitmen sinergi dalam rangka mendukung peran BPK.

"Untuk mempromosikan tata kelola yang baik, transparansi dan akuntabilitas keuangan sektor publik di lingkup nasional, regional maupun internasional," papar Einar Gorrissen.

Hadir dalam pertemuan tersebut yakni, Wakil Ketua BPK didampingi oleh Wahyudi, Kepala Bagian Kerja Sama Internasional dan Margareta Puput Kurniawati, Subbagian Intosal, Asosai dan Aseansai pada Biro Humas dan KSI.[Red]
Share it:

varia

Post A Comment: