Search This Blog

Banyak Di Baca

IKUTI VIA EMAIL

PV

Hari Ini, Bacaleg Abdya Ikuti Uji Baca Alquran

Share it:
ABDYA - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) laksanakan tes uji mampu baca alquran untuk ratusan bakal calon legislatif (Bacaleg) dari sejumlah partai politik peserta pemilu 2019 yang ada di kabupaten setempat, Selasa (24/07/2018).

Kasubbag Teknis Pemilu dan Humas KIP Abdya, Agus Mudaksir,  SH, disela-sela kegiatan itu menjelaskan, tes uji mampu baca alquran itu akan diikutu oleh bacaleg yang terdaftar sebanyak 374 orang dari 17 partai politik nasional dan partai politik lokal.

“Pelaksanaan dimulai hari ini, Selasa (24/07/2018) sampai Rabu besok di kantor sekretariat KIP Abdya,” jelas Agus.

Terkait dengan tim penguji baca Alquran bagi bacaleg  tersebut, Agus menyebutkan, akan diuji oleh tim penguji dari tiga lembaga, yaitu Kemenag, MPU Abdya dan LPTQ masing-masing tiga orang.

“Tim pengeji ini di-SK-kan oleh KIP Aceh, karena KIP Kabupaten Abdya dalam keadaan kosong anggota,  setelah masa kerja anggota KIP periode sebelumnya berakhir sejak 17 Juli lalu. KIP Aceh mengambilalih KIP Abdya sejak 18 Juli,” jelas Agus lagi.

Dikatakan Agus, tim penguji baca Alquran itu dibagi dalam tiga tim untuk menguji bacaleg dari tiga dapil yang diajukan parpol. 

“Setiap tim beranggotakan tiga orang dari tiga unsur tadi,” ungkapnya.   

Bagi bacaleg pengganti, lanjut Agus, baik yang dinyatakan gugur maupun yang berhalangan diberi kesempatan ikut uji baca Alquran susulan pada, Jumat (27/07/2018).

“Pengganti maupun yang berhalangan diberikan kesempatan pada hari Jumat mendatang,” pungkas Agus.

Untuk diketahui, pada hari ini, bacaleg yang mengikuti uji baca Alquran hari pertama sesuai jadwal dari KIP Abdya yakni, dari Partai Garuda, PKS, PDI Perjuangan, PSI, PKB, PNA, Hanura, Golkar, Partai Aceh serta PDA.

Sedangkan untuk hari kedua, yakni PAN, Demokrat, Nasdem, Sira, PPP, Gerindra dan Partai Bulan Bintang. Pelaksanaan dimulai mulai pukul 08.30 WIB sampai selesai di sekretariat KIP kabupaten setempat.[Adi S]
Share it:

politik

Post A Comment: