Search This Blog

Banyak Di Baca

IKUTI VIA EMAIL

PV

MTQ Ke 34 Aceh Besar, Kecamatan Darul Imarah Juara Umum

Share it:
ACEH BESAR - Kecamatan Darul Imarah tampil sebagai juara umum Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-34 Kabupaten Aceh tahun 2018. Sementara juara II dan III diraih Kecamatan Baitussalam dan Ingin Jaya.

MTQ yang berlangsung sejak 30 Juni 2018 itu ditutup Wakil Bupati Aceh Besar, Tgk. H. Husaini A Wahab, di Lapangan Bola Kaki Gampong Neuheun, Kecamatan Mesjid Raya, Sabtu (07/07/2018) malam.

Kafilah Darul Imarah menjadi juara umum, setelah pengumuman juara MTQ dibacakan Koordinator Dewan Hakim, Drs. H. Salahuddin, M.Pd yang juga Kakankemenag Aceh Besar bersama Sekretarisnya Carbaini, S.Ag Plt.Kadis Syariat Islam Aceh Besar.

Kecamatan Darul Imarah tampil sebagai juara umum setelah meraih nilai 57 hasil dari 7 gelar juara I, 7 juara II, dan satu juara III. 

Sementara Baitussalam yang dua tahun lalu juara umum, harus puas di posisi dua dengan nilai 56, 5 juara I, 7 juara II, 10 juara III. Sedangkan Ingin Jaya diurutan tiga dengan nilai 50, 8 juara I, 3 juara II, dan satu juara III.

Seterusnya, 10 besar juara MTQ tahun ini, yakni Kecamatan Peukan Bada, Sukamakmur, Blangbintang, Darul Kamal, Mesjid Raya, Krueng Barona Jaya, dan Kuta Malaka.

Dalam kesempatan itu, Kafilah Kecamatan Darul Imarah menerima piala juara umum dan piala bergilir yang diserahkan oleh Wakil Bupati Aceh Besar, Tgk. H. Husaini A Wahab serta diterima Camat Darul Imarah, Drs. Syaifuddin.

Wabup Aceh Besar, H. Husaini A Wahab dalam pidato penutupannya menyatakan rasa bahagianya atas suksesnya pelaksanaan MTQ Ke-34 di Kecamatan Mesjid Raya. 

Diharapkan melalui MTQ itu dapat memperoleh qari dan qariah terbaik yang kelak akan mengharumkan nama Aceh Besar, terutama pada MTQ ke-34 tingkat Provinsi Aceh yang direncanakan berlangsung di Kabupaten Pidie tahun 2019 mendatang.

"Alhamdulillah, MTQ ini berhasil dan kepada para juara diharapkan terus belajar dan belajar agar lebih sukses lagi di tahun-tahun mendatang,” katanya.
Waled Husaini selaku Wabup Aceh Besar berharap, setelah selesainya Musabaqah ini, LPTQ harus benar-benar proaktif untuk menyusun langkah-langkah strategis dalam rangka pembinaan yang berkelanjutan, sehingga qari yang terpilih benar- benar mampu membaca dan memahami Al-quran dengan baik.

"Pelaksanaan MTQ ke-34 ini diharapkan akan melahirkan hasil terbaik dan lebih meningkat dari tahun sebelumnya guna memperkuat Kabupaten Aceh Besar pada penyelenggaraan MTQ Tingkat Provinsi Aceh ke-34 tahun 2019 mendatang di Kabupaten Pidie,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Waled Husaini juga mengajak semua kaum muslimin untuk senantiasa mengimplementasikan nilai-nilai Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari, sehingga syiar Islam terus bergema dalam kehidupan kita.

"Melalui pelaksanaan MTQ Kabupaten Aceh Besar ini diharapkan akan semakin meningkatkan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai al-Quran, sehingga umat Islam selalu dalam lindungan dan petunjuk Allah SWT," demikian imbuh Wabup Aceh Besar.

Sementara itu, Ketua umum penyelenggara Drs. Iskandar, M.Si, menambahkan, MTQ yang berlangsung sejak 30 Juni hingga 7 Juli 2018 ini diikuti 1.016 qari dan qariah utusan 23 kecamatan di Aceh Besar. 

Menurutnya, MTQ ke-34 tingkat Kabupaten Aceh Besar itu juga turut memperlombakan sejumlah cabang, di antaranya Tilawah, Tartil Quran, Fahmil Quran, Khattil Quran, Syarhil Quran, dan MMQ.

Kepada seluruh masyarakat Kecamatan Mesjid Raya dan Muspika yang telah menjadi tuan rumah yang sangat baik. Ia menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah mendukung suksesnya MTQ Ke-31 Aceh Besar

"Sehingga kegiatan keagamaan tersebut menjadi amal shalih bagi seluruh kaum muslimin," tandas Iskandar. [*]
Share it:

varia

Post A Comment: