-->




Sekda Pimpin Hari Peringatan Lahir Pancasila 

03 Juni, 2019, 14.15 WIB Last Updated 2019-06-03T07:15:34Z
ABDYA - Sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) dari sejumlah lembaga dan daerah di luar Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang digelar Pemerintah setempat. Sabtu (01/06/2019). 

Upacara yang digelar dihalaman Kantor Bupati itu, dipimpin Sekda Abdya, Drs Thamrin, selain dihadiri oleh ratusan ASN di lingkungan Pemkab Abdya juga terlihat hadir sejumlah ASN dari lembaga lain dari luar yang sedang mudik ke Abdya serta hadir juga sejumlah anggota DPRK Abdya, unsur Forkompimkab Abdya, kepala SPKP dijajaran Pemkab Abdya dan undangan lainnya. 

Pada kesempatan tersebut Sekda Abdya, Drs Thamrin membacakan sambutan plt. Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP), Hariyono yang menyebutkan, peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni bukan sesuai yang terpisah dari momentum perumusan “Piagam Jakarta” oleh “panitia kecil” tanggal 22 Juni dan pengesahan Pancasila dalam pembukaan UUD 1945 oleh panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) tanggal 18 Agustus 1945. 

"Tiga peristiwa penting itu merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Dengan demikian, kita harapkan perdebatan tentang kelahiran Pancasila sudah tidak diperlukan lagi, yang diperlukan saat ini adalah bagaimana kita semua mengamalkan Pancasila secara simultan dan terus menerus,” ujar Sekda. 

Selain itu, lanjut Sekda dengan merayakan hari kelahiran Pancasila dapat membangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik. 

"Pancasila sebagai “leitstars dinamis”, bintang penuntun mengandung visi dan misi negara yang memberikan orientasi, arah perjuangan dan pembangunan bangsa ke depan,” paparnya. 

Pada akhir sambutan itu disebutkan, melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi "politik harapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 

"Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar Negara, Ideologi Negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan bagi seluruh bangsa Indonesia,” ungkap Sekda.[Adi S]
Komentar

Tampilkan

Terkini