-->

Iklan

CIMSA FK Unsyiah Gelar Pertemuan Nasional NLS 2020

06 Februari, 2020, 19.02 WIB Last Updated 2020-02-06T12:02:40Z
LINTAS ATJEH | BANDA ACEH - Center for Indonesian Medical Students' Activities (CIMSA) Fakultas Kedokteran Unsyiah pada tahun ini mendapatkan kesempatan menjadi tuan rumah untuk acara National Meeting CIMSA Indonesia, yaitu National Leadership Summit (NLS) 2020 Banda Aceh. 

Berdasarkan siaran pers yang diterima redaksi, Kamis (06/02/2020), pertemuan ini merupakan salah satu dari 3 National Meeting CIMSA (October Meeting dan May Meeting), yang menjadi agenda rutin nasional CIMSA setiap tahunnya. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 30 Januari sampai 2 Februari 2020 di Banda Aceh, diikuti oleh 266 delegasi yang merupakan mahasiswa kedokteran dari 24 Fakultas Kedokteran se-Indonesia.

NLS 2020 merupakan salah satu bentuk dukungan CIMSA terhadap Sustainable Development Goals (SDGs), yang merupakan program World Health Organization (WHO). Oleh karena itu, tema yang diangkat adalah "Adressing National Scale Issues To Create Global Impacts through Medical Students' Movement towards the Sustainable Development Agenda". Pertemuan ini betujuan untuk meningkatkan kapasitas mahasiswa kedokteran dan meng-update wawasan mengenai isu-isu kesehatan agar siap menghadapi permasalahan kesehatan di masa yang akan datang. Para mahasiswa kedokteran ini mendapatkan beberapa training selama 3 hari, seperti cara berkomunikasi dan beradvokasi yang baik, cara membentuk dan menentukan sebuah keputusan, kiat-kiat dalam membentuk kerjasama tim, dan sebagainya. 
Selain training, delegasi juga mengikuti kuliah umum yang diisi oleh beberapa pemateri, yaitu dr. Tira Aswitama (Perwakilan UNICEF), Ir. Saifullah, M.Si (Dispora Kota Banda Aceh), Dra. Ardiyani, Apt., M.Si (Perwakilan Kemenkes), Benyamin Sihombing (Perwakilan WHO Indonesia), dan beberapa pemateri lainnya dari nasional maupun daerah.

NLS 2020 ini, dimulai dengan acara pembukaan pada Kamis malam (30/01/2020),  yang turut dihadiri oleh Darmansah, S.pd., MM (Staff Ahli Gubernur), Dr. Saminan, M.Pd. (Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh, Prof. Dr. dr. Maimun Syukri, Sp.PD, KGH, FINASIM (Dekan FK Unsyiah), dan beberapa undangan lainnya dari dinas maupun organisasi. Para delegasi terlihat sangat antusias saat mengikuti acara pembukaan ini, karena dijamu dengan beberapa penampilan seperti tari kreasi adat Gayo dan paduan suara yang membawakan berbagai lagu nusantara.

Puncak acara NLS 2020, yaitu pada acara perpisahan yang berlangsung pada Sabtu malam (01/02/2020), dengan mengusung tema Arabian's Night. Beberapa penampilan juga turut memeriahkan acara puncak ini, seperti tari saman adat gayo yang sangat ciamik oleh siswa SMAN Modal Bangsa dan beberapa penampilan hiburan lainnya seperti musik akustik juga penampilan dari para delegasi. Wajah para delegasi terlihat sangat menikmati dan puas pada malam puncak acara ini. 
"NLS 2020 di Banda Aceh bukan hanya menjadi ajang pertemuan tahunan CIMSA, namun sudah menjadi ajang eksibisi budaya Aceh yang kental dan sangat unik. Ditambah lagi dengan keramahan panitia yang membuat NLS 2020 semakin membekas di hati. Good job!" ungkap Syaogi, salah satu delegasi yang berasal dari Universitas Gadjah Mada.[*/Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini