-->

Iklan

Pemkab Abdya Gelar Forum Konsultasi Publik RKPK 2021

04 Februari, 2020, 12.55 WIB Last Updated 2020-02-04T16:48:35Z
LINTAS ATJEH | ABDYA - Untuk mencapai sebuah kesempurnaan dalam pembangunan Kabupaten Abdya yang lebih terarah dan tepat guna di tahun 2021. Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) melaksanakan Forum Konsultasi Publik Rencana Kerja Pemerintah Kabupaten (RKPK) di Aula Bappeda setempat, Selasa (04/02/2020).

Dalam laporannya, Kepala Bappeda Abdya, Firmansyah ST, menyebutkan, bahwa pelaksanaan forum konsultasi publik rancangan awal RKPK Abdya ini dimaksudkan untuk memenuhi tahapan penyusunan RKPK 2021 sesuai ketentuan Permendagri 86 tahun 2017.

"Adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk mendapatkan masukan dan saran penyempurnaan dalam penyusunan dokumen rancangan awal RKPK tahun 2021," jelasnya.

Lebih lanjut Ia menambahkan, dengan terlaksananya konsultasi publik ini tentunya ada hasil yang ingin dicapai sebagai bahan masukan sehingga dapat dibahas bersama kepala SKPK dan pemangku kepentingan lainnya guna penyempurnaan rancangan awal RKPK Aceh Barat Daya tahun 2021.

Sementara itu dalam sambutan Wakil Bupati yang dibacakan Sekda Drs. Thamrin menyampaikan, bahwa forum konsultasi publik ini memiliki nilai strategis dalam rangka mengimplementasikan point-point penting yang terdapat dalam Dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kabupaten (RPJMK) Aceh Barat Daya tahun 2017-2022.

"Ini sudah tahun keempat bagi Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya melaksanakan RPJMK," kata Sekda.

Lebih lanjut sekda juga mengatakan, tahun 2021, Tim Penyusunan Rancangan Awal RKPK Abdya telah menyusun 10 agenda prioritas pembangunan, hal ini didasari dari arah dan kebijakan RPJMK Aceh Barat Daya tahun 2017-2022.

Adapun sepuluh prioritas tersebut meliputi, peningkatan nilai tambah produk unggulan pertanian, perikanan dan kelautan serta kehutanan, pengembangan infrastruktur pendukung pertumbuhan ekonomi, pengembangan usaha mikro kecil dan menengah, pengembangan akses dan jaringan pasar, peningkatan mutu pendidikan dan layanan kesehatan.

Kemudian peningkatan pelaksanaan syariat Islam, pengurangan angka kemiskinan, perluasan kesempatan kerja, peningkatan akses air minum dan sanitasi, reformasi birokrasi dan tata kelola pemerintahan.

"Besar harapan kita dalam forum konsultasi publik ini, mampu memberikan ide dan gagasan yang fokus untuk penyempurnaan dokumen Rancangan Awal RKPK Aceh Barat Daya tahun 2021," demikian ungkap Sekda.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, para kepala dinas, badan dan kantor dan undangan lainnya.[Adi S]
Komentar

Tampilkan

Terkini