-->

Iklan

Yayasan Habib Bugak Al Asyi Dukung Penyelamatan Taman Poteu Jeumaloy

02 Februari, 2020, 16.02 WIB Last Updated 2020-02-02T09:02:01Z
BANDA ACEH - Yayasan Habib Bugak Al Asyi (Habib Abdurrahman Bin Alwi Alhabsyi) sangat menyayangkan ketidakpedulian dan pengabaian yang terus berlanjut dilakukan oleh Walikota Banda Aceh terhadap situs cagar budaya Makam Sultan Habib Jamalul Alam Badrul Munir Jamalullail yang terkenal dengan Taman Poteu Jeumaloy.

Ketua Yayasan Habib Bugak Al Asyi, Sayed Alwi Al Habsyie menyampaikan hal ini dalam pertemuan dengan Tim Darud Donya, Sabtu (01/02/2020) kemarin.

Menurut Sayed Alwie Al Habsyi, yang juga dikenal sebagai arsitek dan pelukis khusus sejarah Aceh ini, Sultan Habib Jamalul Alam adalah salah satu Sultan besar Aceh dari keturunan Rasulullah SAW, yang berjasa besar membangun peradaban Aceh hingga terkenal sebagai Serambi Mekkah sampai saat ini.

"Ini bukan hal kecil, tidak ada generasi sekarang yang mampu berbuat seperti beliau. Jangankan membangun Aceh seperti yang sudah beliau lakukan, sekadar menyelamatkan jejak sejarah Aceh dan menghargainya saja masih tidak mampu dilakukan oleh pemerintah. Padahal dana yang dimiliki Aceh sangat besar pasca perdamaian," terang Said Alwie Al Habsie yang juga merupakan putra dari Sayed Dahlan Bin Habib Abdurrahman Bin Habib Shafi Al Habsyi.

"Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya. Pelecehan yang terjadi di kawasan situs Makam Sultan Habib Jamalul Alam, adalah hal yang sangat memalukan bagi rakyat dan bangsa Aceh yang hidup di jaman ini," tandas Sayed Alwie Al Habsyie.

Yayasan Habib Bugak Al Asyi memperingatkan Walikota Banda Aceh untuk segera bertindak dan jangan terus berdiam diri.

"Jangan diam saja, menyelamatkan marwah Aceh adalah kewajiban kita semua" tegas Sayed Alwi Al Habsyie, Ketua Yayasan Habib Bugak Al Asyi.

Sementara Ketua Yayasan Darud Donya, Cut Putri berterimakasih atas dukungan Yayasan Habib Bugak Al Asyi. Apalagi Yayasan Habib Bugak Al Asyi telah banyak membantu perjuangan sejak awal, juga sangat membantu saat pelaksanaan Maulid Nabi dan Haul Sultan Habib Jamalul Alam. Haul dilaksanakan oleh Yayasan Darud Donya pada Bulan Desember 2019 lalu, yang merupakan Haul Sultan Habib Jamalul Alam yang pertama kali dilaksanakan sejak ratusan tahun setelah agresi militer Belanda.

Dalam pertemuan itu, Sayed Alwie Al Habsyie turut menandatangani Memorandum Penyelamatan Taman Poteu Jeumaloy.[*/Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini