-->




Badiklat Kejaksaan RI Antisipasi Penyebaran Virus Corona

19 Maret, 2020, 07.14 WIB Last Updated 2020-03-19T00:14:49Z
LINTAS ATJEH | JAKARTA - Menyikapi instruksi Pemerintah dan Jaksa Agung Burhanuddin mengenai tanggap bencana nasional khususnya pencegahan penanganan Virus Corona (Covid-19), Badan Pendidikan dan Pelatihan (Badiklat) Kejaksaan RI telah memberikan perhatian khusus, kepada jaksa dan pegawai yang bertugas di lingkungan Badiklat terutama berkaitan dengan pemeriksaan dan pemantauan kesehatan.

Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan (Kaban Diklat) Kejaksaan RI Setia Untung Arimuladi mengatakan sejalan dengan instruksi Pemerintah dan Pimpinan Kejaksaan pihaknya telah memberikan perhatian khusus, tidak hanya para pegawai tapi juga keluarganya, menyusul wabah yang begitu cepat menular.

"Salah satunya juga pemberian masker, nah kita sudah umumkan kepada pegawai untuk ke Poliklinik Badiklat untuk diperiksa suhu badan kesehatan. Itu sudah kita umumkan manakala ada keluarga yang terjangkit segera untuk menginformasikan dan melaporkan untuk bisa ditindaklanjuti, ini upaya cegah dini kepada para pegawai Badiklat beserta jajarannya dan Keluarganya," ucap Setia Untung kepada wartawan, di Badiklat Kejaksaan, Jakarta, Rabu (18/03/2020).

Setia Untung Arimuladi menekankan sesuai pesan Jaksa Agung Burhanuddin kepada seluruh jajaran pegawai Kejaksaan RI untuk menjaga kesehatan diri dan keluarga agar terhindar dari penyebaran covid-19.

"Yang utama bagaimana kita hidup sehat, itu pesan Pak Jaksa Agung. Jadi hidup sehat tidak hanya di rumah sendiri tapi juga di kantor, lingkungan harus sehat. Kita ambil hikmahnya situasi kondisi seperti ini, diantaranya dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) seperti rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta menerapkan etika batuk yang benar jadi upaya terbaik menghindari penyebaran virus corona jenis baru," ungkapnya.

Selain itu, lanjut Ketum PJI, pihaknya juga memasang handsanitizer di setiap gedung pintu masuk dan pojok-pojok ruangan. Maka itu Untung menghimbau kepada jajaran untuk memperhatikan instruksi pimpinan tersebut agar terhindar dari wabah yang telah merengut korban jiwa di belahan dunia ini.

"Ini ancaman, mari kita mawas diri dan tawakal, agar terhindar dari mara bahaya, dan selalu berdoa. Jadi kepada para pegawai jaga kesehatannya terutama diri sendiri, dan lingkungan kan seperti slogan di taman Badiklat, yang saya kutip 'Bersihkan hati, bersihkan jiwa', kan itu ada maksud yang dipasang disetiap sudut taman," tutur Setia Untung.

Untung juga menjelaskan sebagai bentuk antisipasi dari wabah virus itu, pihaknya telah melakukan pembersihan di seluruh kompleks Badiklat baik di dalam maupun di luar ruangan, pada Sabtu-Minggu, 14-15 Maret 2020 lalu.

Salah satunya penyemprotan cairan disinfektan atau anti septik pada pintu masuk serta teras dan pelataran disetiap gedung. Tak hanya itu ruang mesjid yang kerap digunakan untuk sholat pun wajib dibersihkan, salah satunya karpet sajadah dicuci, dijemur lalu diamankan agar terhindar dari virus covid-19 itu.

"Ini bagian kecil untuk antisipasi penyebaran virus covid-19 tersebut. Kita ini sekarang perang melawan penyakit yang tak terlihat, makanya kebersihan diri kita dan lingkungan lah yang bisa melawan itu dengan meningkatkan ibadah dan mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa. Tapi, jangan lupa cuci tangan dengan sabun," imbuh Mantan Kapuspenkum Kejagung itu.[Muzer/Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini