Iklan

Bersama Ulama dan Tokoh Masyarakat, DSKS Bentuk Gugus Keumatan Penanggulangan Dampak Covid-19

21 April, 2020, 19.12 WIB Last Updated 2020-04-21T12:12:17Z
LINTAS ATJEH | SOLO - Saat ini situasi dan kondisi wabah Covid-19 (Corona) di Indonesia bahkan ditetapkan sebagai darurat Nasional dan hingga hari ini masih banyak masyarakat yang dinyatakan positif Corona bahkan dengan angka kematian yang terus bertambah. 

Disamping itu, paska pemberian asimilasi bagl sejumlah tahanan oleh Menkumham ternyata diikuti dengan peningkatan angka kriminalitas baik pembegalan, pencurian, perampokan dan lain-lain sehingga membuat keadaan semakin memprihatinkan. 

Belum lagi, masyarakat yang saat ini mulai kelihatan jelas dampak ekonomi terkait dengan penyebaran Covid-19 (Corona) sehingga banyak masyarakat yang kehilangan mata pencahariannya yang dampaknya pendapatan keluarga hilang atau berkurang sehingga beban hidup semakin berat dan ini menimbulkan keresahan di masyarakat.

Oleh karena itu, Dewan Syari'ah Kota Surakarta (DSKS) berpendapat bahwa tugas negara dan tugas pemerintah daerah semakin berat karena bukan hanya penyebaran Covid-19 (Corona) yang belum terselesaikan sekarang muncul dampak ekonomi, sosial yang berimbas pada persoalan Kamtibmas, bahkan tidak menutup kemungkinan akan berdampak pada bidang Hankam dan Kedaulatan Negara.

"Untuk itu, sinergitas seluruh komponen bangsa baik Presiden, Kepala Daerah, Kementrian, aparat penegak hukum khususnya Kepolisian dan TNI serta elemen masyarakat harus dijalin lebih kuat dan ditingkatkan," demikian disampaikan Ketua Dewan Syari'ah Kota Surakarta, Dr. Muinuddinilah Basri, MA, dalam siaran persnya, Selasa (21/04/2020).

Dewan Syari'ah Kota Surakarta, kata dia, sebagai bagian dari elemen masyarakat berupaya untuk berperan aktif berpartisipasi nyata serta bertanggungjawab atas terciptanya lingkungan yang nyaman, aman, adil dan beradab serta utuhnya dan terselamatkannya nasib bangsa dan negara.

"Dalam usaha ini, Dewan Syari'ah Kota Surakarta bersama mitra dakwahnya siap bekerjasama dengan aparat penegak hukum dalam menjaga ketertiban dan keamanan. Bahkan Ulama dan tokoh masyarakat telah membentuk Gugus Keumatan Penanggulangan Dampak Covid-19 sebagai wujud Keseriusan kami dalam menangani hal ini," tegas Ketua DSKS dalam pernyataannya yang juga ditandatangani Sekretaris DSKS, Suwondo, SE.[AR]
Komentar

Tampilkan

Terkini