Iklan

Catatan Sejarah 28 April: Penyair Legendaris 'Chairil Anwar' Tutup Usia

28 April, 2020, 18.46 WIB Last Updated 2020-04-28T14:08:27Z
LINTAS ATJEH - Serangkaian peristiwa bersejarah pernah terjadi pada 28 April dari tahun ke tahun. Beberapa peristiwa yang terjadi pada 28 April kemudian tercatat menjadi bagian penting dari sejarah di dunia.

Rangkuman beberapa peristiwa penting yang terjadi pada 28 April dari tahun ke tahun merujuk berbagai sumber, diantaranya tumbangnya Benito Mussolini hingga meninggalnya Chairil Anwar. 

Berikut ulasan singkat peristiwa penting pada 28 April:

1. Pasukan Pangeran Antasari Menyerang Tambang Batubara Milik Belanda

Sebanyak 300 prajurit yang dipimpin oleh Pangeran Antasari dikerahkan untuk melakukan perlawanan terhadap penjajahan Belanda. Ratusan prajurit itu melakukan perlawanan dengan menyerang tambang Batubara milik Belanda di Pengaron, Banjar, Kalimantan Selatan, sejak 25 hingga 28 April 1859.

Penyerangan tersebut sebagai awal dikenalnya Perang Banjar. Perang antara prajurit Indonesia yang dikomandoi oleh Pangeran Antasari itu kemudian melebar di beberapa daerah Banjar.

Pangeran Antasari dan pasukannya saat itu menyerang beberapa pos Belanda di Martapura, Hulu Sungai, Riam Kanan, Tanah Laut, Tabalong, sepanjang Sungai Barito sampai ke Puruk Cahu.

2. Azerbaijan Gabung Jadi Anggota Uni Soviet

Pada Mei 1918, Azerbaijan menyatakan kemerdekaannya sebagai Republik Demokrasi Azerbaijan (RDA) setelah Republik Federasi Demokrasi Transkaukasia bubar. RDA ialah negara republik berpenduduk mayoritas Muslim pertama di dunia

Kendati demikian, keberlangsungan RDA hanya berlangsung selama dua tahun, dari 1918 hingga 1920, sebelum Tentara Merah menyerang Azerbaijan. 

Kemudian, pada Maret 1922, Azerbaijan, menjadi bagian RSFS Transkaukasia dalam Uni Soviet yang baru terbentuk. Pada 1936, RSFST bubar dan Azerbaijan menjadi republik bagian RSUS sebagai RSS Azerbaijan. 

3. Akhir Pendudukan Amerika Serikat Terhadap Jepang

Pendudukan Amerika Serikat terhadap Jepang pada Perang Dunia II berakhir pada 28 April 1952 disusul adanya penandatanganan Perjanjian San Fransisco. Pendudukan terhadap Jepang sendiri berlangsung sejak 1945 hingga 1952.

Kendati sudah ditandatanganinya Perjanjian San Fransisco, pasukan Amerika Serikat masih mempertahankan pangkalan-pangkalan penting di Jepang, khususnya Okinawa. 

4. Wisatawan Pertama yang Berhasil Berkunjung ke Luar Angkasa

Dennis Anthony Tito merupakan orang pertama dari Amerika Serikat yang pernah berwisata ke Stasiun Luar Angkasa Internasional. Seorang Insinyur sekaligus multimilyuner tersebut terbang ke luar angkasa bersama dengan program penerbangan Soyuz.

Perjalanan wisata Dennis dengan Soyuz tersebut berlangsung antara tanggal 28 April hingga 6 Mei 2001. Untuk menjalankan misi tersebut,  DennisTito harus membayar sebanyak 20 juta dolar Amerika Serikat.

5. Benito Mussolini Tewas Ditembak Pemberontak Italia

Benito Mussolini merupakan politisi asal Italia. Ia lebih dikenal sebagai pemimpin Partai Fasis Nasional. Tokoh Italia yang dikenal karena kediktatorannya itu meninggal tepat pada 28 April 1945 di umur 61 tahun.

Ia meninggal setelah ditembak oleh kelompok perlawanan Italia (tepatnya kelompok komunis). Ia dibunuh bersama dengan istri siri dan tiga orang pendukung setianya di sebuah desa Giulino di Mezzegra.

Jasad Mussolini dan empat orang lainnya digantung terbalik kemudian dipertontonkan kepada publik di sebuah pom bensin.

Sebelum digantung, mayat mereka diletakkan di jalanan kemudian ditembaki berkali-kali, diludahi, dilempari batu, dan ditendangi oleh rakyat yang marah terhadap sepak terjang Mussolini dan Partai Fasis-nya.

Hal ini bertujuan untuk meruntuhkan semangat juang orang-orang fasis dan sebagai pembalasan atas penggantungan beberapa partisan di tempat yang sama oleh otoritas Poros.

6. Penyair Legendaris Chairil Anwar Tutup Usia

Chairil Anwar, seorang tokoh penyair terkemuka di Indonesia mengembuskan napas terakhirnya pada 28 April 1949. Ia meninggal di usia muda yakni 26 tahun. Pria yang dijuluki sebagai "Si Binatang Jalang" (dari karyanya yang berjudul Aku) telah banyak menelurkan hasil karya.

Selama hidupnya, Chairil telah menulis sekitar 94 karya, termasuk 70 puisi; kebanyakan tidak dipublikasikan hingga kematiannya. Puisi terakhir Chairil berjudul Cemara Menderai Sampai Jauh, ditulis pada tahun 1949.

Sedangkan karyanya yang paling terkenal berjudul Aku dan Krawang Bekasi. Semua tulisannya baik yang asli, modifikasi, atau yang diduga dijiplak, dikompilasi dalam tiga buku yang diterbitkan oleh Pustaka Rakyat.[Okezone]
Komentar

Tampilkan

Terkini