Iklan

SMK-PP Negeri Saree Bagikan Sembako Untuk Anak Yatim Terdampak Covid-19

09 April, 2020, 19.13 WIB Last Updated 2020-04-09T12:13:43Z
LINTAS ATJEH | ACEH BESAR - Pandemi wabah Coronavirus Disease 2019 atau sering disebut Covid-19 yang mulai menyebar dan menimbulkan korban jiwa di Indonesia sejak awal Maret 2020 membuat pemerintah mengambil dan mengeluarkan langkah-langkah atau kebijakan demi pencegahan penyebaran virus tersebut pada masyarakat luas. 

Begitu juga dengan Pemerintah Aceh, dengan mengeluarkan Edaran Tanggap Darurat kepada masyarakat luas untuk menjaga kehidupan dengan menerapkan protokol pencegahan virus ini seperti social distancing, physical distancing, meliburkan siswa belajar di sekolah agar siswa belajar di rumah, hingga mengeluarkan maklumat jam malam. Walau yang terakhir ini telah dicabut. 

Dengan berbagai langkah yang diambil ini dan cepatnya penyebaran virus corona tentu membuat masyarakat menjadi takut untuk keluar dan bekerja secara normal seperti biasa. Sehingga menyebabkan roda perekonomian tidak berjalan dengan baik yang akhirnya sangat berdampak kepada masyarakat kecil yang penghasilannya secara perhari. 

Kondisi ini tentulah menjadi masalah kebanyakan masyarakat terutama keluarga yatim. Sang ibu yang notabene sebagai orang tua tunggal tidak bisa mencari nafkah untuk kebutuhan hidup anak-anaknya.

Melihat kondisi ini, Pimpinan dan Pegawai SMK-PP Negeri Saree berinisiatif membuat Posko Tanggap Darurat di sekolah sebagai Gugus Tugas Pencegahan Penyebaran Covid-19 khususnya di lingkungan sekolah. Kemudian posko ini juga kita fungsikan sebagai tempat menerima sumbangan dari kawan-kawan pegawai bagi masyarakat. 

Setelah 1 minggu berjalan, pada hari ini, Kamis 9 April 2020, bantuan yang telah terkumpul kita bagikan kepada Keluarga Anak Yatim di seputaran Desa Suka Damai Kemukiman Saree, beberapa Siswa Yatim SMK-PP Negeri Saree yang bermukim di Saree dan beberapa Fakir Miskin Saree serta pegawai bakti. 
Bantuan ini selain dibagi langsung di Posko Covid-19 SMK-PP Negeri Saree juga dibagikan melalui perangkat Kampong Suka Damai yang diterima langsung oleh Salmanuddin Ishak, S.Sos, selaku Keuchik di Posko Siaga Darurat Kampong.

"Penyaluran bantuan untuk anak yatim tahap 1 ini, kita salurkan sebanyak 50 paket bahan makanan pokok yang terdiri dari beras, minyak makan, gula, telur ayam, dan mie instan. Untuk tahap ke 2 nantinya akan kita salurkan saat menjelang atau awal ramadhan," ujar Salmanuddin Ishak, S.Sos.

Sementara Muhammad Amin, SP.,MP selaku Kepala SMK-PP Negeri Saree berharap bantuan ini walau tidak banyak namun bisa membantu meringankan kesusahan para keluarga yatim di Desa Suka Damai Saree dalam masa-masa sulit ini. 

"Bantuan ini juga merupakan sebagai wujud rasa kepedulian kami warga sekolah yang mana sekolah kami ini berada di lingkungan Desa Suka Damai. Jadi sudah sepatutnya kami turut berbagi dengan masyarakat disini terutama anak yatim," ujarnya.

Kepala Sekolah juga mohon maaf jika bantuan ini tidak bisa diberikan kepada masyarakat terdampak secara luas karena keterbatasan jumlah bantuannya. Penyaluran bantuan sembako ini juga merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Posko Covid-19, diawal Maret 2020, Tim Posko dan UKS sekolah membuat disinfektan secara mandiri di laboratorium yang digunakan untuk menyemprot lingkungan kantor, ruang kerja, mushalla, dan asrama siswa demi mencegah penyebaran virus corona dan kuman lainnya.

Kemudian, Muhammad Amin juga menyampaikan terima kasih kepada bapak ibu pegawai SMK-PP Negeri Saree yang telah menyumbangkan sebagian penghasilannya untuk membantu masyarakat di sekitar sekolah.

"Semoga menjadi amal jariah yang akan dibalas oleh Allah SWT. Juga terima kasih kepada Tim Posko Covid-19 yang telah bekerja mengumpulkan dan membagikan bantuan ini," ungkapnya.
Ia berharap tidak berhenti ditahap 1 ini saja, namun akan terus berlanjut pada tahap-tahap berikutnya. "Kami pihak sekolah dan posko Covid-19 akan terus membuka kesempatan kepada siapa pun yang ingin menyalurkan bantuan kepada masyarakat melalui SMK-PP Negeri Saree," demikian pungkasnya.[*/Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini