-->








Tabligh Akbar Daring, Inisiasi Cordofa Tetap Syiar Untuk Mencegah Pandemi Covid-19

18 April, 2020, 12.04 WIB Last Updated 2020-04-18T05:04:04Z
LINTAS ATJEH | JAKARTA - Keterbatasan melakukan kegiatan di saat wabah corona seperti ini,  menyebabkan masyarakat mulai dilanda kejenuhan aktivitas selama berada di rumah masing-masing. Sejak dikeluarkannya Fatwa MUI Nomor 14 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ibadah dalam Situasi Terjadinya Pandemi Covid-19 dan Surat Edaran Kementrian Agama Nomor 6 Tahun 2020 tentang Panduan Ibadah Ramadhan di Tengah kondisi Pandemi Covid-19 membuat Ramadhan tahun ini akan terasa berbeda.

Saat kondisi Covid-19 seperti ini membuat Corps Da'I Dompet Dhuafa mengambil inisatif untuk tetap menyebarkan manfaat dengan menggelar sebuah Tabligh Akbar menggunakan mode daring. Tabligh Akbar ini digelar dengan tema optimalisasi ibadah ramadhan di tengah kondisi pandemi Covid-19. Pada Tabligh Akbar ini, Cordofa mengundang Ustadz Abdul Somad, Lc, MA., Ph. sebagai narasumber.

"Program ini dimaksudkan agar masyarakat teredukasi dengan baik mengingat Ramadhan kali ini dengan kondisi pandemi Covid-19 tentu akan terasa berbeda, oleh karenanya Tabligh Akbar ini diadakan agar masyarakat dan kita semua mampu mengoptimalkan ibadah di bulan Ramadhan nanti," ujar Ustadz Ahmad Pranggono selaku Dakwah Nasional Corps Dai Dompet Dhuafa.

Tabligh Akbar Daring dilaksanakan Jum'at (17/04/2020) malam, sebagai upaya edukasi dan pencerdasan kepada masyarakat ditengah kondisi Covid-19 yang belum usai saat memasuki bulan ramadhan. Optimalisasi ibadah ramadhan menjadi fokus utama yang dibahas dalam tabligh akbar mengingat Ramadhan 1441 H ini akan berbeda dengan tahun sebelumnya. Sebagaimana terkait kebijakan dan panduan ibadah selama bulan ramadhan.

Selama wabah corona di Indonesia untuk mencegah penularan virus corona di masyarakat, kebijakan pemerintah seperti meniadakannya shalat tarawih berjamaah di masjid, pembatasan iti'kaf, serta aturan yang membuat  menyisakan tanda tanya dibenak masyarakat. Sehingga melalui kegiatan ini mendorong peran da'i untuk memberikan edukasi terkait panduan ibadah yang telah disosialisasikan agar mampu ditaati bersama dan mencari cara agar ibadah ramadhan tetap optimal walau kondisi pandemic Covid-19 masih berlanjut.

Selain mengadakan tabligh akbar daring, dalam kegiatan tersebut, Cordofa juga turut mengadakan launching program Dakwah Digital Global yang lagi merupakan inisiatif dari Cordofa untuk tetap mensyiarkan Islam dan menebarkan manfaat kala kondisi pandemi Covid-19. Program ini menyasar pada kegiatan-kegiatan keislamanan berbasis online atau daring selama masa pandemi berlanjut.

"Inisiasi ini kami cetuskan dengan upaya agar mampu tetap memberi manfaat kepada masyarakat dan mengoptimalkan media daring dengan tetap mengadakan syiar Islami. Semoga dengan ini masyarakat luas bisa tetap mendapatkan ilmu," ujar Imam Al Faruq, Manajer Dakwah Corps Dai Dompet Dhuafa.[*/Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini