-->

Iklan

Ini Peran Kodim 0107/Asel dalam Penanganan Pandemi Covid-19

07 Juni, 2020, 17.11 WIB Last Updated 2020-06-07T10:11:50Z
LINTAS | ACEH SELATAN - Komandan Kodim 0107/Aceh Selatan Letnan Kolonel Inf R Sulistiya Herlambang HB menyampaikan peranan personil Kodim 0107/Aceh Selatan melalui Babinsa dalam ikut menangani penyebaran virus corona atau Covid-19 di wilayah Kabupaten Aceh Selatan. 

Dandim menyebut, selama pandemi Covid-19, Babinsa terlibat dalam sejumlah upaya penanganan. Mulai dari seperti membagikan masker, donor darah, termasuk terjun langsung bersama dinas terkait melakukan penyemprotan disinfektan pada perkantoran, tempat ibadah, perumahan warga dan di tempat-tempat fasilatas umum lain yang dianggap rentan terpaparnya virus corona. Kemudian turut mendirikan dapur umum guna memasak makanan siap saji untuk diberikan kepada masyarakat sekitar dan juga turut membagikan sembako kepada masyarakat ekonomi lemah akibat pandemi Covid-19 tersebut. 

Babinsa, kata Dandim, ikut melakukan kegiatan untuk mensukseskan kebijakan tersebut diantaranya dengan melakukan patroli dan mensosialisasikan pemakaian masker serta pentingnya physical distancing. 

"Kemudian, membantu melaksanakan verifikasi masyarakat penerima bantuan sosial baik dari pemerintah pusat dan daerah, memastikan arus dan jalur logistik tidak mengalami kendala, dan membantu menyalurkan bantuan logistik ke masyarakat yang membutuhkan," kata Dandim.

Tidak hanya itu, Kodim 0107/Aceh Selatan juga mengerahkan seluruh Babinsanya untuk ikut dalam pelaksanaan tugas pemantauan baik di Pos Covid-19 perbatasan wilayah, maupun di Pos Relawan Covid-19 di desa binaan masing-masing.

Semenjak munculnya wabah virus corona di tanah air, para Babinsa Kodim 0107/Aceh Selatan terus bergerak bersama saling bahu membahu dengan Polri, Pemerintah Daerah dan Dinas  terkait dalam upaya melakukan pencegahan dan pemutusan mata rantai penyebaran virus corona di wilayah Aceh Selatan. 

Selaku aparatur kewilayahan atau lebih dikenal dengan nama Babinsa yang telah dibekali ilmu pembinaan teritorial (Binter), atas perintah dari satuan atas dan arahan dari Komandan Kodim sendiri, saat ini upaya melakukan langkah pencegahan virus corona di wilayah binaannya. Para Babinsa Kodim 0107/Aceh Selatan gencar bahkan setiap harinya semakin meningkatkan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan masyarakat di wilayah desa binaannya masing-masing. 

Komsos ini merupakan alat yang jitu bagi seorang Babinsa dalam mengetahui perkembangan situasi dan kondisi wilayah termasuk dalam memantau perkembangan penyebaran virus corona tersebut. 

"Dengan Komsos ke desa binaannya ini juga, seorang Babinsa dapat menyampaikan secara langsung informasi terbaru kepada masyarakat Desa binaannya terhadap perkembangan penyebaran Covid-19," tutup Dandim, Minggu (07/06/2020).[*/Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini