Iklan

Membanggakan, Ini Wajah Baru dan Prestasi Kantor Pertanahan Aceh Tenggara

06 Juni, 2020, 06.43 WIB Last Updated 2020-06-07T01:13:26Z
LINTAS ATJEH | ACEH TENGGARA - Kantor Pertanahan Kabupaten Aceh Tenggara adalah kantor pelayanan publik untuk kantor proses pembuatan sertifikat dengan wilayah kerja di 16 kecamatan dan 385 desa. 

Saat ini Kantah BPN Aceh Tenggara dipimpin oleh Kepala Kantor bernama Erpendi, S.H, yang baru menjabat selama 11 bulan terhitung dari Juli tahun 2019. Meski terbilang baru, namun sudah banyak perubahan-perubahan yang dirasakan selama kantor pertanahan ini berdiri, hingga pertengahan tahun 2019. 

Ibarat seorang gadis yang sedang belajar berdandan, Kantor Pertanahan Aceh Tenggara banyak mengalami perubahan, namun sejak Juli 2019 ada perubahan yang cukup signifikan. 
Perubahan-perubahan yang terjadi antara lain adalah Renovasi Loket meliputi enambahan AC, pemasangan kaca untuk mencegah corona, dan peremajaan kursi tunggu pemohon, akses untuk disabilitas serta ruangan menyusui.

Kemudian pembuatan taman bunga dan kolam ikan, serta lampu warna di logo dan nama yang terdapat pada dinding depan kantor. 

Menurut Erpendi, sebuah kantor harus memiliki "Marwah" agar tidak dipandang sebelah mata oleh orang lain. Saat ini Kantor Pertanahan Kabupaten Aceh Tenggara telah memiliki ruang rapat tersendiri dimana sebelumnya tidak ada. 

"Pengadaan ruang rapat ini dibuat agar Kantah BPN Aceh Tenggara memiliki ruangan khusus untuk mengadakan rapat, pertemuan, pelantikan, maupun pelatihan secara online," jelas Erpendi.
Tidak hanya perubahan fisik, lanjut dia, Kantor Pertanahan Aceh Tenggara saat ini juga telah menjadi lebih baik dari tingkat kedisiplinan. 

"Sebelum datangnya pandemi corona, karyawan/ti Kantah BPN Aceh Tenggara selalu melakukan apel pagi di setiap Senin s.d Kamis," ungkapnya dan menjelaskan kegiatan ini diprakarsainya untuk meningkatkan kedisiplinan para pegawai. 

Untuk diketahui, pada tahun 2019 akhir Kantor Pertanahan Aceh Tenggara telah banyak menorehkan hasil dari kerja keras selama ini, diantaranya adalah terpetakannya 7000 bidang tanah, dan telah tercetaknya 3060 SHT PTSL, 350 SHT PTSL Lintor UKM, dan 935 SHT Redistribusi Tanah. 

Kantor Pertanahan Kabupaten Aceh Tenggara juga berpartisipasi dalam Program Nasional LP2B bersama dinas-dinas terkait seperti Dinas Pertanian, Dinas Pengairan, Bappeda, dan Pemkab Aceh Tenggara. 

Saat ini telah dibentuk juga Team ITCS yaitu Team Informasi Teknologi dan Creative Support. Dimana Team ITCS ini memiliki tupoksi untuk mengembangkan media sosial Kantor Pertanahan Aceh Tenggara.

Kantor Pertanahan Aceh Tenggara juga menorehkan prestasi dalam Kegiatan Redistribusi Tanah 2020. Tercatat Kantor Pertanahan Kabupaten Aceh Tenggara telah berhasil mencetak 700 sertifikat tanah pada bulan Maret 2020. Prestasi ini merupakan prestasi dengan kantor pertanahan tercepat yang telah menyelesaikan proses pencetakan sertifikat redistribusi tanah. 
Prestasi-prestasi sebanyak ini dan banyaknya perubahan yang telah dilakukan selama 11 bulan selama kepemimpinan Erpendi yang menjadikan Kantor Pertanahan Kabupaten Aceh Tenggara memiliki wajah baru yang membanggakan.[*/Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini