-->








Mudahkan Akses Ekonomi Rakyat, TNI di Abdya Bangun Jalan 

09 Juni, 2020, 17.04 WIB Last Updated 2020-06-09T10:04:56Z
LINTAS ATJEH | ABDYA - Kodim 0110/Abdya kembali akan membangun sejumlah Infrastruktur desa melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109. Informasi yang dihimpun, program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ini akan dilaksanakan pada Oktober mendatang di Desa Lam Kuta dan Babah Lhung Kecamatan Blangpidie. 

Untuk mematangkan agenda tersebut Kodim 0110/Abdya telah melakukan berbagai kegiatan persiapan di antaranya sosialisasi, musyawarah dengan masyarakat dan peninjauan lokasi. 

"Ya benar, dalam waktu dekat kita akan melaksanakan kegiatan TMMD ke-109. Untuk persiapan telah mulai dilakukan," sebut Dandim 0110/Abdya Letkol Czi M Ridha Has, S.T., M.T. kepada wartawan di Blangpidie, Selasa (09/06/2020). 

Menurut Dandim, TMMD merupakan program rutin TNI. Program ini selaras dengan program pemerintah daerah yaitu sama-sama menciptakan kesejahteraan masyarakat. Jadi, TMMD ke-109 akan dikerjakan selama 30 hari melibatkan komponen TNI, Polri, Pemda dan masyarakat. 

Dalam waktu 1 bulan multi komponen ini akan mengimplementasikan kemanunggalan TNI dengan bergotong royong mewujudkan akselerasi pembangunan fisik dan non fisik desa. Untuk kegiatan non fisik, lanjut Dandim, TMMD ke-109 Kodim Abdya akan menyasar lebih kepada pembangunan ideologi bangsa dan mental masyarakat melalui rangkaian sosialisasi dan penyuluhan. 

"Rangkaian ini akan kita padukan dengan kegiatan bhakti sosial seperti pengobatan gratis, pembagian Sembako dan Bazar. Selebihnya pelaksanaan agenda ini akan kita sesuaikan dengan protap penanganan pencegahan covid-19," jelasnya. 

Sementara itu, untuk kegiatan fisik Dandim menjelaskan pihaknya akan membuka dan membangun jalan di area pegunungan sepanjang 8,5 Km lengkap dengan jembatan dan gorong-gorong.
Jalan yang menghubungkan perkampungan ke perkebunan rakyat ini rencananya akan dikerjakan lebih awal pada bulan Juli. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan kualitas bangunan jalan sesuai dengan target yang telah ditentukan. 

Dandim mengaku dirinya telah berapa kali meninjau ke lokasi dan takjub melihat langsung pohon jengkol, durian, pala dan lainnya tumbuh subur dan melimpah. Namun ia menyayangkan akses tersebut saat ini belum bisa dikelola dengan baik oleh masyarakat setempat lantaran terkendala dengan akses jalan. 

"Kita berharap dengan program TMMD, harapan masyarakat soal akses jalan ke perkebunan bisa terealisasi. Untuk itu kami mohon dukungan dan kerja sama dari semua pihak, agar program TMMD ini terlaksana dengan baik dan sukses," demikian ungkap Dandim.[Adi S]
Komentar

Tampilkan

Terkini