Iklan

Sisi Negatif dan Positif Pandemi Covid-19

17 Juni, 2020, 09.56 WIB Last Updated 2020-06-17T03:53:58Z
PANDEMI COVID-19 adalah virus yang diduga berasal dari Wuhan, dan menyebar ke beberapa negara, termasuk Indonesia. Penyebarannya sangat cepat dan menyerang tidak pandang usia.

Sisi negatif Covid-19, orang-orang tidak bisa beraktivitas seperti biasa. Semuanya dibatasi untuk keluar rumah saja harus pakai masker dan menjaga jarak 1 meter dengan orang lain.

Sisi negatif Covid-19 juga berdampak kepada orang-orang yang banyak kehilangan pekerjaannya, seperti karyawan swasta yang di PHK, penjual sandang tokonya harus ditutup, ojol yang sepi pelanggan dan masih banyak usaha di bidang ekonomi lainnya.

Tidak hanya itu, Covid-19 juga menghambat pendidikan di Indonesia, seperti yang telah kita ketahui sekolah diliburkan, kuliah diberlakukan sistem daring, banyak yang mengeluh bahwa tidak efisien.

Selain berdampak negatif, Covid-19 juga berdampak positif. Terkadang ada ayah yang harus bekerja dari pagi hingga malam, pulang anak dan istrinya sudah tidur. Anjuran di rumah saja lebih terbuka antara anak, ayah, dan ibu.

Sisi positif Covid-19 juga membuat orang-orang lebih peduli dengan cara hidup sehat. Padahal sebelumnya Islam sudah menganjurkan untuk hidup sehat.

اَلنَّظَافَةُ مِنَ الْإِيْمَانِ

"Kebersihan sebagian dari iman.” (HR. Al-Tirmidzi)

Sisi positif Covid-19 juga menciptakan rasa saling peduli, menjaga antar sesama, seperti yang kita lihat banyak youtuber dan sebagainya, berlomba-lomba menyumbangkan baik itu Alat Pelindung Diri (APD), sembako, dan uang tunai.

Semua yang telah terjadi itu ketentuan Allah SWT, yang terbaik dihadapan Allah tentu terbaik untuk kita. Kita ambil sisi positifnya saja, tetap stay healthy dan gunakan maskermu.

Penulis: Muhammad Fadhil (Mahasiswa Fakultas Hukum Tata Negara UIN Ar Raniry Banda Aceh)
Komentar

Tampilkan

Terkini