Iklan

Warga Desa Paya Udeng Nikmati Sarana Air Bersih

18 Juni, 2020, 00.42 WIB Last Updated 2020-06-17T17:42:43Z
LINTAS ATJEH | NAGAN RAYA -Warga Desa Paya Udeung, Kecamatan Seunagan, Kabupaten Nagan Raya bisa bernafas lega. Pasalnya, pemerintah desa setempat berhasil melaksanakan program penyediaan air bersih dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas), Rabu (17/06/2020).

Program sarana air bersih Pamsimas mulai dibangun pertengahan tahun 2019, yang berupa sumur bor mampu menghasilkan debit air 1,5 liter per detik juga dilengkapi dengan menara air (tower).

Koordinator KKM Gampong Paya Udeng, Yuliana Yatim kepada LintasAtjeh.com mengatakan, bersyukur sekali dengan adanya program Pamsimas di desanya. Karena dengan hadir pogram tersebut telah memberikan solusi positif dalam penyediaan air bersih.

"Alhamdulillah program berjalan dengan lancar. Pelaksanaannya juga kita lakukan secara swakelola, baik pekerjaan fisik maupun kegiatan pemberdayaan masyarakat gampong," ucapnya.

Yuliana menambahkan, berkat kerjasama yang baik antar pelaku program pembangunan sarana air bersih di Gampong Paya Udeung terlaksana sesuai Rencana Kerja Masyarakat (RKM) dan dapat diselesaikan tepat waktu.

"Insya Allah sudah bisa kita manfaatkan baik kepentingan umum maupun untuk masyarakat," ungkap Yuliana.

Sementara Kepala Desa Paya Udeung, Anwar saat ditemui terpisah menyebutkan, pembangunan sarana pendukung air bersih  Pamsimas telah mampu mengubah mimpi warga disini menjadi kenyataan. Oleh karena itu, atas nama masyarakat kami ucapkan banyak terima kasih atas perhatian dan dukungannya.

Atas keberhasilan ini, Kades Desa Paya Udeung langsung melakukan musyawarah dengan masyarakat untuk membicarakan tata cara pengelolaan sarana air bersih yang sudah siap dibangun.

Sedangkan T. Jauhari Habibie sebagai Ketua KPSPAM  Paya Udeung, mengatakan hasil musyawarah itu, akan tersedia sebuah Qanun Gampong Paya Udeung yang mengatur tentang tata cara pengelolaan  dan pemanfaatan air bersih bagi masyarakat.

"Kami berharap dengan adanya peraturan desa ini dapat terealisasi dan bisa diterima oleh semua kalangan masyarakat desa," katanya singkat.[Muz/Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini