-->

Iklan

Viraaal Dijual Sepatu Merah Putih Logo Palu Arit, Peringatan 100 Tahun PKI?

17 Agustus, 2020, 09.02 WIB Last Updated 2020-08-17T02:04:22Z
Sepatu merah putih berlogo Palu Arit Foto: instagram

Sebuah sepatu sneaker dengan paduan warna merah putih tengah menjadi perbincangan, bahkan foto sepatu berwarna merah putih tersebut diunggah di media sosial facebook dengan akun Akhwat DiRantau. Memang tak ada yang aneh dari sepatu ini namun jika dilihat detil, sepatu ini memiliki logo palu arit, yang dikenal sebagai lambang dari PKI.

Menurut akun ini, postingan sepatu berwarna merah putih dengan logo palu arit tersebut, sebagai langkah kemunculan PKI yang semakin masif. Terlebih tahun ini merupakan peringatan 100 tahun PKI, yang juga ramai diperbincangan.

“MAKIN BERANI MENAMPAKAN WUJUDNYA,” tulis akun Akhwat DiRantau melalui akun facebooknya. Selain itu, akun ini juga menuliskan hastag #SayaBanggaJadiMusuhPKI.
Sepatu merah putih dengan logo palu arit tersebut, berdasarkan penelusuran seperti dikutip Medcom, juga ditemukan melalui akun instagram @hytrape.sneakers, yang dikenal sebagai akun reseller yang menjual berbagai macam produk dari produsen perorangan atau UMKM.

Dalam keterangannya, sepatu bergambar palu arit dibuat oleh perancang Spanyol Tete Calvente. Rancangan sepatu itu memiliki tema “Air Communist”. Karya Tete Calvente sendiri memang dikenal cukup unik, beberapa produknya memiliki kata plesetan dari merek terkenal, salah satunya topi dengan plesetan merek McDonald.

Selain itu, terdapat pula topi yang mirip dengan produk Nike namun diberi merek Tete. Terkait sepatu produk Tete Calvante jika dilihat seksama memiliki kemiripan dengan spatu Nike seri air max Jordan.

Sehingga bagi konsumennya, seluruh produk Tete Calvante memang identik dengan produk yang menggunakan kata plesetan yang secara linguistik dibuat untuk menjadi bahan lelucon. Strategi inilah yang dijalankan Tete Calvante kepada konsumennya yang senang dengan produk yang mengundang lelucon.

Sehingga dipastikan produk sepatu dengan tema Air Comunism, tersebut tak ada hubungannya dengan peringatan 100 tahun PKI. Sedangkan logo palu arit sendiri memang dikenal sebagai lambang dari komunis yang sudah dibuat puluhan tahun lalu.

Simbol Palu Arit

Dimana awalnya penggunaan bendera dengan lambang palu arit telah digunakan oleh Uni Soviet sebagai bendera kebangsaannya. Namun bendera yang dibuat negara tersebut pada 12 November 1923 memiliki tambahan logo bintang diatasnya.

Pada tahun 1955, terdapat perubahan peraturan mengenai bendera ini sehingga mengubah panjang gagang palu dan bentuk sabit. Perubahan terakhir dilakukan pada tahun 1980 dengan mengubah warna dasarnya menjadi merah sedang. Bendera ini terus dipakai sebagai bendera nasional hingga bubarnya Uni Soviet pada tahun 1991.

PKI di Indonesia

Di Indonesia sendiri, berdasarkan literatur, PKI didirikan pada 23 Mei 1920 sebagai perubahan dari ISDV atau Indische Sociaal Democratische Vereeniging. ISDV sendiri didirikan Henk Sneevliet, yang membawa komunisme ke Indonesia dari Belanda bersama sekira 60 orang sosialis demokrat di Hindia Belanda.

Barulah pada Kongres II yang digelar Juni 1924, kelompok tersebut berganti nama menjadi Partai Komunis Indonesia, dan menjadi partai pertama yang menggunakan nama “Indonesia”.[HopsID]
Komentar

Tampilkan

Terkini