-->








Rumah Nenek Juriah, Warga Gampong Ujung Tanoh Dibangun TNI

17 September, 2020, 17.27 WIB Last Updated 2020-09-17T10:27:02Z
LINTAS ATJEH | ABDYA - Senyum sumringah nenek Juriah (80) salah seorang warga Gampong Ujung Tanoh, Kecamatan Lembah Sabil, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), pasalnya rumah berkonstruksi kayu miliknya akan berganti beton.

Nenek Juriah yang sehari-hari hidup sendiri kini mulai kembali merasakan kehangatan arti sebuah keluarga. Dari pagi sampe petang Juriah ditemani canda tawa dan riuh suara alat bangunan dari sejumlah anak angkatnya.

"Mereka bukan siapa-siapa saya. Tapi alhamdulillah mereka begitu tulus dan perhatian sama saya," ujar Juriah sambil memegang topi rimba bertuliskan bordir Kodim 0110/Abdya, Kamis (17/09/2020).

Perempuan yang pernah merasakan hidup di jaman pra kemerdekaan (1940) silam ini mengungkapkannya pada Minggu (13/09/2020) kemarin, rumah miliknya dibongkar oleh sejumlah tentara dari Kodim 0110/Abdya dan kini mereka dianggap sebagai anak angkat nenek Juriah.

Rumah nenek Juriah dibongkar karena masuk dalam kategori Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Program pembangunan dan rehab RTLH ini dilaksanakan oleh Kodim 0110/Abdya dalam rangka menyambut peringatan HUT ke-75 TNI, yang jatuh pada Senin (05/10/2020) mendatang.

Pengerjaan rehab RTLH milik nenek Juriah ditargetkan rampung selama 2 minggu, dikerjakan langsung oleh para prajurit Kodim 0110/Abdya dan dibantu oleh komponen masyarakat. 

Pantauan di lokasi, dengan suasana santai dan kekeluargaan Prajurit Kodim 0110/Abdya dan warga setempat gotong royong bahu membahu memasang dinding batako. Sesekali nenek Juriah yang tidak muda lagi duduk bercengkrama menemani para prajurit bekerja.

"Kami sudah anggap nenek Juriah ini seperti nenek kami sendiri. Maka dari itu pengerjaan rumah ini pun kami lakukan dengan tulus," ujar salah satu prajurit  Serda Zulvikar Dhendi.
Serda Zulvikar menyebutkan, rumah Juriah dibangun dengan luas 5 meter kali 7,5 meter. Di dalamnya dibangun 2 ruang kamar, 1 ruang dapur, dan 1 kamar mandi lengkap dengan bak mandi dan kloset. Pengerjaan rehab RTLH sudah jalan 5 hari dan telah mencapai persentase 50 persen.

"Hari ini kami masih melakukan pemasangan bata. Insyaallah sore ini kalau tidak ada hujan, untuk pemasangan bata selesai," ujarnya.

Sementara itu terpisah Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Arip Subagiyo melalui Danramil 06/Manggeng Kapten Inf M Latif mengungkapkan, pembangunan RTLH ini dilakukan sebagai wujud kepedulian Kodim 0110/Abdya terhadap masyarakat khususnya bagi warga yang tidak mampu memiliki rumah layak huni. Kegiatan ini juga bertujuan untuk mewujudkan Kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

"Muaranya tetap pada satu tujuan yaitu membangun Kemanunggalan TNI dengan Rakyat," tutupnya.[Adi S]
Komentar

Tampilkan

Terkini