-->

Iklan

Demi Kemajuan Aceh Barat, Sulthan Alfaraby Sarankan Kota Meulaboh Bangun RTH

09 Oktober, 2020, 08.51 WIB Last Updated 2020-10-09T01:51:35Z

LINTAS ATJEH | BANDA ACEH - Di tengah pandemi Covid-19 tak membuat patah semangat bagi pemuda untuk berpikir tentang kemajuan daerah, salah satunya dalam hal pembangunan taman demi meningkatkan produktifitas suatu daerah.


Salah satu pemuda Kota Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat yang sedang menempuh studi jurusan Sains Biologi di Kota Banda Aceh, Sulthan Alfaraby menyarankan kepada pemerintah agar membangun Taman Kota yang berprinsip pada Ruang Terbuka Hijau (RTH), Jum'at (09/10/2020).


"Kota Meulaboh itu dikenal sebagai pusatnya aktivitas di Aceh Barat bahkan salah satu di Barat Selatan Aceh, haruslah mempunyai taman kota yang mumpuni dan menjadi ikon utama, tentunya berprinsip pada Ruang Terbuka Hijau. Dalam hal ini saya menyarankan kepada pemerintah untuk bisa membangun taman ini karena potensi keuntungannya sangat besar bagi produktivitas daerah kita sendiri," ujarnya saat berdiskusi dengan wartawan.


Sulthan Alfaraby menyarankan prinsip RTH yang akan diterapkan pada taman Kota Meulaboh, yaitu harus lebih bersifat terbuka, ada tempat tumbuh tanaman, baik yang tumbuh secara alami atau yang sengaja ditanam.


"Sebaiknya RTH itukan harus lebih bersifat terbuka, ada tempat tumbuh tanamannya, baik yang tumbuh secara alami atau yang sengaja ditanam. Dengan begitu, akan membuat masyarakat tertarik untuk berkunjung karena mereka akan merasa bahwa masih ada tempat yang segar dan kurang polusi udaranya. Tentunya, taman ini juga harus dirancang aman untuk anak-anak serta dijaga kebersihan lokasinya, karena itu yang terpenting," tambahnya.


Lanjut Alfaraby, sektor ekonomi daerah juga diharapkan akan mengalami peningkatan, dikarenakan banyaknya wisatawan yang mau berkunjung ke taman kota untuk berjalan-jalan atau sekedar mencari spot foto yang menarik.


"Ini merupakan kreatifitas yang sebaiknya diwujudkan bersama. Kita juga harapkan nantinya sektor ekonomi mengalami peningkatan karena banyak wisatawan yang berkunjung untuk jalan-jalan atau mencari spot foto menarik, ini kan zamannya eksis di media sosial. Otomatis nanti juga daerah kita akan dikenal luas jika taman kota ini mampu meningkatkan gairah masyarakat untuk berkunjung. Usaha mikro kecil menengah atau UMKM juga bisa mendapatkan feedback dari pembangunan taman kota ini," ujarnya.


Alfaraby berharap, semua pihak harus bangkit dari keterpurukan selama pandemi Covid-19. Ia juga menyatakan bahwa pihaknya siap untuk membantu pemerintah dalam hal positif demi kemajuan di daerah.


"Semua pihak kita tentunya berharap agar bangkit dari keterpurukan selama pandemi, kita juga selaku pemuda siap membantu pemerintah dalam mewujudkan ide-ide positif demi kemajuan daerah kita. Yang terpenting adalah saling bersinergi", tutupnya.[*/Red]

Komentar

Tampilkan

Terkini