-->

Iklan

Mahasiswa KKN-BK Gotong Royong Bersama Pemuda Desa Merah Jernang Sekaligus Latihan Pencak Silat

26 Oktober, 2020, 14.01 WIB Last Updated 2020-10-26T07:01:37Z

LINTAS ATJEH | ACEH TENGAH -Mahasiswa  Kuliah Kerja Nyata Balik ke Kampung (KKN-BK) Universitas Malikussaleh bergotong royong bersama pemuda membuat lapangan untuk latihan silat, Minggu (25/10/2020). 

Hal ini disampaikan Nova Evita Sari, Mahasiswi Jurusan Administrasi Publik angkatan 2017, Senin (26/10/2020), yang dibimbing oleh Dr. Dahlan Abdullah, S. T., M.KOM. 

Kegiatan ini merupakan salah satu program KKN, selain itu juga membuat lapangan, sekaligus melatih silat anak-anak dan remaja desa.


Pencak silat merupakan seni olahraga beladiri yang berasal dari Indonesia, dan berkembang di Negara Asia Tenggara seperti Brunei Darussalam, Singapura, Filipina, Thailand. Pencak silat merupakan salah satu budaya Indonesia yang sudah jarang diminati oleh masyarakat terutama pemuda (anak-anak dan remaja). Selain merupakan salah satu warisan budaya pencak silat juga untuk menjaga diri, dan dapat menjadi ajang menambah prestasi karena pencak silat sudah masuk ke dalam olahraga Nasional maupun Internasional.

Maka dari itu dengan membuat lapangan dan melatih silat yaitu pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT), Nova berharap dapat melestarikan salah satu warisan budaya yang sudah jarang diminati ini dan membuat para remaja desa lebih berprestasi di bidang beladiri. 


Pembuatan lapangan ini diharapkan dapat menambah semangat para siswa (sebutan untuk yang berlatih dalam PSHT) dalam berlatih. Siswa yang mengikuti latihan tidak hanya berasal dari desa merah jernang saja, namun juga dari luar desa dan luar kecamatan seperti Desa Merah Mege, Desa Damar Mulyo, Desa Tanah Abu, Kecamatan Jagong Jeget dan juga Desa Jejem yang berada di Kecamtan Pegasing. 


Latihan dilakukan secara rutin 3 kali dalam seminggu namun dalam masa Pandemi Covid-19 sekarang ini, Nova tetap menerapkan social distancing seperti anjuran pemerintah untuk mencegah penularan virus Covid-19.


Pembuatan lapangan dan latihan silat ini dilaksanakan di Desa Merah Jernang, Kecamatan Atu Lintang, Kabupaten Aceh Tengah.[*/Red]

Komentar

Tampilkan

Terkini