-->

Iklan

Keren!!! KKN Unimal K131 Bantu Warga Paya Bieng Produksi Pliek U

10 November, 2020, 07.09 WIB Last Updated 2020-11-10T00:09:21Z

LINTAS ATJEH | BIREUEN - Mahasiswi Unimal yang sedang melakukan kuliah kerja nyata di Desa Paya Bieng, Kecamatan Jangka, Kabupaten Bireuen, membantu salah satu warga setempat membuat Pliek U.


Kegiatan KKN dengan skema pencegahan penyebaran virus/penyakit Covid-19 ini melibatkan mahasiswi berbagai jurusan, yaitu Syarifah Zakiatul Muna dari jurusan manajemen, Lisa Idayanti dari jurusan akuntansi, Nanda Sari dari jurusan Hukum, Julia Saputri, Anggia Murni, Fia Faradilla dan Siti Zahara  dari jurusan Ekonomi Pembangunan dengan Dosen Pembimbing Lapangan Dr. Ratri Candrasari, M.pd.


Patarana atau Pliek U merupakan salah satu olahan dari kelapa. Pliek-U atau patarana adalah kelapa yang telah difermentasi kemudian dikukur atau dicongkel, kemudian dihaluskan menggunakan mesin.


Setelah dihaluskan barulah dilanjutkan pemrosesan pembuatan Petarana atau Plik-U.  Sejak dahulu, masyarakat Aceh sering mengolah kelapa untuk diambil minyaknya setelah diperas minyak dan kelapanya dipisah. Minyak ini biasa digunakan sebagai minyak goreng. Ampas dari olahan kelapa ini kemudian dikeringkan dengan dijemur sehingga menghasilkan Pliek-U yang berwarna kecoklatan.

Sebagian besar mata pencaharian warga Desa Paya Bieng adalah memproduksi Pliek U. Mahasiswi KKN Kelompok 131 ikut serta membantu dalam pengolahan Pliek U di Desa Paya Bieng, Senin (09/11/2020).


"Selain ikut membantu dalam pengolahan Plik U, kami juga berbincang-bincang terkait dengan cara pengolahannya hingga soal dalam sistem penjualannya," ujar Syarifah, Ketua Kelompok K131.


Menurut informasi Fatimah, Plik U akhir-akhir ini agak menurun omsetnya dikarenakan cuaca yang tidak menentu sehingga omset yang dihasilkan tidak sesuai target.


"Hasilnya menurun karena pengaruh cuaca," ujar Fatimah.[*/Red]

Komentar

Tampilkan

Terkini