-->

Iklan

Mahasiswa KKN Unimal P053 Turut Serta Membantu Penyelenggaraan Sosialisasi dan Pembentukan MPA

12 November, 2020, 14.50 WIB Last Updated 2020-11-12T07:50:19Z
LINTAS ATJEH | RIAU - UPT KPH Suligi Batu Gajah melaksanakan sosialisasi serta pembentukan Masyarakat Peduli Api (MPA) dalam rangka pencegahan Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan) di Provinsi Riau, khususnya di wilayah Tapung Hulu Kabupaten Kampar di aula Desa Danau Lancang dihadiri oleh kepala desa serta perangkat desa dan juga 30 peserta MPA yang berasal dari berbagai dusun, Rabu (11/11/2020). 


Atas kegiatan sosialisasi ini, Miftahul Zannah Nst jurusan Akuntansi Universitas Malikussaleh yang sedang KKN di Desa Danau Lancang dengan skema KKN-BK P053 turut serta dalam membantu perangkat desa untuk memperlancar acara sosialisasi yang diselenggarakan oleh UPT KPH Suligi Batu Gajah tersebut. 


Seperti mendata daftar hadir peserta, mensosialisasikan kepada peserta agar tetap menjaga protokol kesehatan seperti jaga jarak dan memakai masker. Kemudian sebelum peserta memasuki aula desa akan diukur suhu badan terlebih dahulu. Bagi peserta yang tidak memakai masker maka akan diberikan masker gratis yang sudah disediakan oleh pihak desa.


Tujuan pembentukan MPA ini untuk meningkatkan upaya pencegahan Karhutla secara bersama melalui sosialisasi ke desa-desa rawan kebakaran, patroli bersama, dan memasang himbauan larangan membakar. Kemudian hal lainnya yang dianggap efektif guna memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya membakar hutan dilihat dari sisi lingkungan, hukum dan hal lainnya. Berhubung Desa Danau Lancang salah satu daerah yang memiliki hutan dan lahan yang cukup luas. 


UPT KPH Suligi Batu Gajah menyampaikan masalah Karhutla saat ini menjadi perhatian khusus oleh pemerintah. Karena seringnya terjadi kebakaran apabila sudah memasuki musim panas. Maka dari itu perlu kerjasama semua pihak untuk mencegah, jangan sampai terjadi kebakaran di wilayah kita. Kerjasama dalam hal pencegahan Karhutla dapat dilakukan antar semua pihak baik pemerintahan, swasta, serta masyarakat yang tergabung dalam MPA. 


Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Dr. Ratri Candrasari, M.PD menyampaikan, bahwa mahasiswa dengan skema BK harus mampu ikut menyelesaikan permasalahan yang ada di kampung halaman.


"Sehingga keberadaan mahasiswa sebagai Wakil Universitas Malikussaleh dapat memberi manfaat kepada masyarakat," urainya.[*/Red]

Komentar

Tampilkan

Terkini