-->




Bangun PLTS, Pemkab Aceh Tamiang Jalin Kerja Sama dengan Korea Selatan

05 Desember, 2020, 10.04 WIB Last Updated 2020-12-06T03:17:28Z

LINTAS ATJEH | ACEH TAMIANG - Guna mendukung Program Pemerintah Indonesia dalam meningkatkan kelistrikan seluruh wilayah pedesaan dan daerah terpencil, Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang turut berkontribusi menjalin kerjasama dengan 2 (dua) perusahaan besar asal Korea Selatan, masing-masing The Zona Co.Ltd dan Enersolar Co.L.td dibidang energi terbarukan solar cell atau Pembangkit Listrik Tenaga Surya. 


Jalinan kerjasama tersebut disahkan melalui agenda Penandatangan Nota Kesepahaman bersama (Mou) antara Bupati Aceh Tamiang H. Mursil, SH,M.Kn dengan perwakilan 2 (dua) perusahaan tersebut, Jum’at (04/12/2020).

Dalam nota kesepahaman tersebut, Pemkab Aceh Tamiang akan menyediakan lahan untuk lokasi proyek, selanjutnya kepada dua belah pihak mempersiapkan master plan dan teknis pelaksanaan dalam rangka pembangunan, pengoperasian, dan proses produksi mengolah energi surya menjadi listrik.

Nantinya, jaringan yang akan dibangun tahap awal sebesar 5 Mega Watt, dan diharapkan bisa menjangkau wilayah pedalaman Aceh Tamiang yang tidak berlistrik.

Dalam kesempatan itu, Bupati Mursil mengucapkan terima kasih banyak atas program Pemerintah Indonesia ini.

"Saya berharap Kedepan setelah kita bangun MoU dan rekomendasi ini bisa segera direalisasikan karena kita sangat membutuhkan energi terbaru ini yang bisa membantu masyarakat kita," harapnya.

"Untuk kondisi di Aceh Tamiang memang lebih tepat membangun yang kecil-kecil dari pada besar tapi di satu tempat. Mungkin dengan 5 Mega ini bisa dibangun di beberapa daerah, sehingga bisa dilakukan pemetaan jaringan listrik yang bertenaga surya," lanjut Bupati Mursil.

Pada kesempatan itu, Hamdani yang merupakan perwakilan dari perusahaan menyampaikan, bahwa pihaknya akan mengikuti seluruh aturan, baik itu dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Kabupateb Aceh Tamiang. Dukungan dari Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang merupakan hal yang sangat penting untuk bisa dilaksanakan pembangunan listrik tenaga surya ini.

"Tentang rekomendasi dan surat menyurat dengan badan terkait, tentunya dukungan dari Bupati sangat diharapkan," ujarnya. [*/Red]



Komentar

Tampilkan

Terkini