-->

Iklan

Pemkab Aceh Tamiang Persiapkan Data Warga Penerima Vaksin Covid-19

07 Januari, 2021, 22.07 WIB Last Updated 2021-01-07T20:36:50Z

Ilustrasi Vaksin Sinovac
 
LINTAS ATJEH | ACEH TAMIANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tamiang melalui Dinas Kesehatan setempat sedang melakukan persiapan untuk pendataan penerima vaksin Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Tamiang Ibnu Aziz, SKM, Kamis (07/01/2021) mengatakan, meski saat ini belum ada permintaan data dari Dinas Kesehatan Provinsi Aceh, namun sejumlah persiapan tetap dilakukan.

Ibnu Aziz menjelaskan, Pemerintah Aceh telah menerima 14 ribu dosis vaksin Covid-19 jenis Sinovac dari PT. Biofarma yang dikirim via Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM), Blang Bintang, Aceh Besar, pada Selasa (05/01/2021) pagi kemarin.

"Pada hari Selasa tanggal 05 Januari 2021 pukul 09.00 WIB kemarin, telah diterima vaksin Covid-19 dari PT. Biofarma. Vaksin Sinovac ini diterima sebanyak 14.000 dosis terdiri dari 8 boks," ungkapnya.
Kepala Dinas Kabupaten Aceh Tamiang Ibnu Aziz, SKM

Sementara itu Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Tamiang dr. Hardekky menyampaikan, pihaknya melakukan persiapan awal, yakni akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Aceh.

"Langkah koordinasi tersebut, diantaranya terkait kriteria warga yang akan menerima vaksin Covid-19 dan jadwal vaksinasi untuk Kabupaten Aceh Tamiang," terang dr. Hardekky.

Lanjutnya lagi, pendataan penerima vaksin Covid-19 dilakukan untuk warga yang rentang usia 18-59 tahun dengan daya tahan tubuh yang kuat serta tidak memiliki penyakit penyerta.
Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit
Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Tamiang (dr. Hardekky) 

Menurut keterangan dr.  Hardekky, warga yang telah didata akan terdaftar aplikasi P-Care versi vaksin Covid-19 milik BPJS Kesehatan Aceh Tamiang, dan untuk pelaksanaannya direncanakan akan melibatkan 16 fasilitas kesehatan, mulai dari Puskesmas hingga RSUD Aceh Tamiang.

"Dalam pelaksanaannya nanti, ada 32 vaksinator yang telah dibekali di Balai Besar Pelatihan Kesehatan di Batam pada November 2020 lalu,” katanya lagi.

"Untuk jadwal vaksinasi di Aceh Tamiang, kita belum tau pasti jadwal pelaksanaannya karena harus menunggu petunjuk dari Dinas Kesehatan Provinsi Aceh. Berdasarkan surat Kemenkes RI, mulai Maret 2021 mendatang, Pemprov Aceh menargetkan 3,3 juta warga Aceh disuntik vaksin Corona," tutupnya.[*/Red]

Komentar

Tampilkan

Terkini