-->

Peran Listrik dalam Kehidupan Sehari-Hari

15 Januari, 2021, 12.11 WIB Last Updated 2021-01-15T05:11:45Z

LISTRIK merupakan suatu rangkaian yang dapat menghasilkan daya atau kekuatan yang ditimbulkan karena adanya pergesekan melalui suatu proses kimia,  yang dapat digunakan untuk menghasilkan gerak, panas, ataupun cahaya untuk menjalankan mesin serta perangkat elektrik. Menurut Joyce James, Colin Baker, dan Helen swain “Listrik adalah aliran atau pergerakan elektron-elektron adalah partikel bermuatan negatif yang di temukan pada suatu atom”.


Listrik pertama kali ditemukan oleh Michael Faraday. Beliau menjadi terkenal berkat karyanya mengenai kelistrikan dan magnet.  Beliau sangat tertarik dalam penemuan elektromagnet, tetapi pikiran briliannya mengembangkan percobaan sebelumnya menjadi lebih jauh. Beliau berfikir jika listrik dapat menghasilkan magnet, mengapa tidak bisa magnet menghasilkan listrik. 


Pada tahun 1831, Faraday mendapat solusi terkait hipotesanya. Menurut beliau listrik dapat dihasilkan melalui magnet dengan gerak. Ia menemukan bahwa ketika magnet dipindahkan di dalam gulungan kawat tembaga sebuah arus listrik kecil mengalir melalui kawat. Tentu saja, menurut standar sekarang dinamo listrik Faraday atau generator listrik merupakan hasil percobaan beliau atas penemuan metode pertama menghasilkan listrik melalui gerak dalam medan magnet.


Berdasarkan hipotesa dan percobaan beliau, saat ini listrik dapat di ubah ke energi gerak, dan energi gerak juga dapat diubah ke energi listrik pula. Sehingga peran listrik saat ini sangat vital dalam kehidupan sehari hari, salah satunya sebagai penerangan pada malam hari. Dengan adanya penemuan dari Michael Faraday, kita dapat memanfaatkan listrik dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya:

1. Penerangan pada malam hari yang membutuhkan energi listrik untuk menghidupkan bola lampu.

2. Catu daya perangkat elektronik seperti televisi, kulkas, AC, HP, dan lain-lain.

3. Bidang kesehatan yang menggunakan listrik untuk peraralatan atau perangkat medis seperti incubator, oxymeter, elektrokardiograf, dan lain-lain.

4. Listrik juga sebagai penghasil gerak seperti, mesin pompa, kipas angin, mobil, dan lain-lain.


Oleh karena itu, pentingnya listrik dalam kehidupan sehari-hari tidak dapat dipisahkan. Akhir kata ”manfaatkanlah energi listrik dengan sebaik-baiknya, tetap semangat dan selalu berkarya!!!....”.


Penulis: Juni Hardiansyah (Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Malikussaleh)

Komentar

Tampilkan

Terkini