-->




Problema Sampah di Masyarakat

14 Januari, 2021, 14.16 WIB Last Updated 2021-01-14T07:16:12Z

SAMPAH banyak bertebaran di mana-mana. Tidak peduli itu anak-anak, remaja maupun dewasa semua membuang sampah secara sembarangan. Hal ini dapat terjadi karena kurangnya kesadaran masyarakat akan menjaga kebersihan lingkungan. 


Banyak orang, baik kaya maupun miskin yang membuang sampah tidak pada tempatnya. Anda dapat melihatnya mulai dari hal-hal kecil seperti botol minum yang sering dibuang dari dalam mobil. Selain menumpuk sampah di jalan umum, juga dapat membahayakan pengendara lainnya.


Banyak orang yang bisa memelihara kebersihan mobil namun kesadaran akan menjaga kebersihan fasilitas umum masih rendah. Parahnya lagi, hal yang sama juga terjadi di sungai. Banyak orang yang membuang sampah secara sembarangan di sungai tanpa memperhatikan dampak negatif dari perbuatannya. Apabila terdapat lahan kosong tak heran jika di sana menumpuk banyak sampah.Umumnya orang-orang akan membuang sampah di kala sepi. 


Bahayanya membuang sampah sembarangan dapat menyebabkan berbagai masalah dan berbagai penyakit. Penyakit yang dimaksud yaitu Hepatitis A, Disentri, Salmonellosis, Penyakit Pes, Demam Bedarah. Sampah juga bisa meracuni air sungai yang dipakai sebagai sumber air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.


Dari aspek ekonomi, pembiayaan fasilitas umum dapat dipengaruhi oleh pengelolaan sampah yang tidak memadai, seperti tingginya biaya yang diperlukan untuk pengolahan air dikarenakan sungai yang tercemar dan saluran air/got yang tersumbat. Jika sarana tempat sampah kurang atau tidak efisien, orang akan cenderung membuang sampah di sembarang tempat terutama di sungai.


Pengelolaan sampah yang tidak memadai menyebabkan rendahnya tingkat kesehatan masyarakt. Hal yang juga tak kalah penting adalah meningkatnya pembiayaan untuk mengobati penyakit yang diakibatkan oleh bakteri yang berasal dari lingkungan yang tercemar dan berkurangnya penghasilan akibat tidak masuk kerja serta rendahnya produktivitas karena kesehatan yang terganggu.


Dapat disimpulkan bahwa penyebab orang membuang sampah sembarangan dikarenakan faktor malas, terdesak, berfikir bahwa petugas akan membersihkannya, kurangnya kesadaran diri, kurang peduli dengan lingkungan sekitar, letak tempat sampah yang jauh, dan tidak menemukan tempat sampah.


Kebiasaan membuang sampah sembarangan tentu dapat kita ubah dengan memperkuat rasa kepedulian terhadap lingkungan dan bertekad pada diri sendiri untuk melakukan perubahan agar tidak membuang sampah sembarangan karena hal tersebut akan merugikan diri sendiri.

Penulis: Ahmad Damanhuri (mahasiswa teknik elektro, universitas malikussaleh).

Komentar

Tampilkan

Terkini