-->

Iklan

Jalan Tol Binjai - Langsa Segera Hadir, Aceh Tamiang Lirik Potensi Wisata Perkebunan

03 Maret, 2021, 19.07 WIB Last Updated 2021-03-03T12:25:47Z

Progres Jalan Tol Binjai - Langsa Seksi Binjai - Stabat

LINTAS ATJEH | ACEH TAMIANG - Bupati Aceh Tamiang H. Mursil, SH, M.Kn meyakini, kehadiran jalan tol Binjai - Langsa (Binsa) akan berpengaruh besar terhadap pertumbuhan ekonomi daerah tersebut, khususnya di bidang pariwisata.

Mursil mengungkapkan, kehadiran tol ini akan menjadikan Aceh Tamiang sebagai titik strategis dikunjungi karena jarak ke berbagai kota besar semakin dekat.

Bupati Mursil mencontohkan, perjalanan dari Kualasimpang ke Medan yang saat ini memakan waktu tiga jam, nanti bisa ditempuh hanya dengan waktu satu jam saja.

"Dengan waktu yang hanya satu jam, nanti kita balik situasinya, bukan warga kita lagi yang ke Medan hanya untuk ngopi, tapi setelah ada tol orang Medan yang datang hanya untuk ngopi di Tamiang,” kata Mursil, Rabu (03/03/2021).

Dia mengatakan, durasi yang semakin singkat itu menjadi salah satu kunci untuk menjual pariwisata Aceh Tamiang ke luar daerah.

Namun menurutnya, tetap dibutuhkan inovasi agar wisatawan yang datang tidak jenuh dan bersedia datang kembali.

"Sekarang kita berpikir, wisata perkebunan salah satu yang paling menjanjikan. Kita sudah mulai dengan pembibitan, seiring tol selesai dibangun, objek wisata ini sudah siap dikunjungi," ujarnya.

Mursil memastikan, pembangunan wisata perkebunan ini tidak lantas meninggalkan pengembangan wisata alam, misalnya Tamsar 27.

Dia memastikan, keindahan alam akan terus dikembangkan karena dinilainya memiliki daya tarik tersendiri dan siap bersaing dengan daerah lain.

"Sembari berjalan membenahi wisata alam, kita juga terus menyiapkan wisata perkebunan," jelasnya.

Tol Binsa sendiri diproyeksikan selesai dikerjakan pada tahun 2023 mendatang.

Saat ini, progres pengerjaan sudah memasuki wilayah Aceh Tamiang dengan agenda pembebasan lahan. 

"Kita berharap, pengerjaannya lancar dan bisa diselesaikan tepat waktu," tutupnya.[*/Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini