-->








Pemkab Aceh Tamiang Laksanakan Apel Gelar Kesiapan Personil Penanganan Karhutla Tahun 2021

10 Maret, 2021, 15.00 WIB Last Updated 2021-03-10T08:00:47Z

LINTAS ATJEH | ACEH TAMIANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tamiang bersama Forkopimda melaksanakan 'Apel Gelar Kesiapan Personil, Peralatan dan Simulasi Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla)', Rabu (10/03/2021).


Apel gabungan yang berlangsung di Lapangan Upacara belakang Kantor Bupati Aceh Tamiang tersebut dipimpin oleh Dandim 0117/Atam Letkol. CPN. Yusuf Adi Puruhita.
Membacakan amanat dari Bupati Aceh Tamiang H. Mursil, SH, M.Kn, Dandim 0117/Atam menyampaikan, pelaksanaan apel ini adalah kesempatan bagi seluruh elemen, melayani masyarakat secara nyata dengan menunjukkan kesiapsiagaan dan keseriusan dalam menangani Karhutla dengan melibatkan seluruh pihak baik pemerintah maupun Swasta dan masyarakat.

Lanjutnya, menyikapi permasalahan Karhutla, pemerintah daerah bersama TNI dan Polri telah melakukan berbagai upaya dalam memudahkan penanganan Karhutla secara cepat dan tepat dengan menggunakan sistem aplikasi terbaru yang dinamai dengan LANCANG KUNING/ SIPONGI-KLHK.
"Aplikasi ini digunakan untuk mendekteksi titik api di daerah masing-masing, sehingga cepat dan mudah untuk melakukan penanganan, baik sosialisasi, himbauan, pemadaman dan penegakan hukum," ungkapnya.

Tambahnya lagi, pentingnya menjaga kelestarian hutan, perlu adanya pemberdayakan seluruh stakeholder terkait agar dapat mengambil langkah-langkah komprehensif dalam menyelesaikan permasalahan penanganan karhutla.
"Diperlukan koordinasi bersama antar instansi pemerintah, TNI dan Polri, pihak perusahaan dan masyarakat agar bertanggung jawab dalam membina dan menanggulangi karhutla, sehingga tercipta keterpaduan langkah yang dapat menunjang pelaksanaan tugas," terangnya lagi. 

Usai membacakan amanat Bupati Aceh Tamiang, acara dilanjutkan dengan simulasi penanganan karhutla yang disaksikan oleh tamu undangan dan seluruh peserta apel yang diikuti oleh unsur TNI, Polri, Satpol PP dan WH, Damkar, RAPI dan Unsur Pelajar.[*/Red]

Komentar

Tampilkan

Terkini