-->

Iklan

Raihan Ariatama Resmi Nahkodai Ketum PB HMI 2021-2023, Berikut Profil dan Sepak Terjangnya

25 Maret, 2021, 23.21 WIB Last Updated 2021-03-25T16:21:11Z
LINTAS ATJEH | SURABAYA - Kongres Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ke XXXI di Islamic Centre Surabaya Jawa Timur sudah selesai, Kamis (25/3/2021).

Sempat terjadi keributan diluar lokasi kongres, namun agenda tetap berlanjut hingga pemilihan Ketua Umum PB HMI periode 2021-2023.

Dan, Raihan Ariatama, terpilih menahkodai HMI periode 2021-2023.

Raihan diusung Pengurus Cabang HMI Bulaksumur Sleman, Jogjakarta. Dia mengungguli kandidat lain, Muhammad Ichya Alimudin dari Cabang Ciputat, Abdul Rabbi Syahrir dari Cabang Bogor, Muhammad Arimin dari Cabang Kutai Kertanegara, dan Muhammad Nur Aris Shoim dari Cabang Yogyakarta.

Raihan memperoleh 82 suara dukungan, Ichya 40 suara, Abdul 34 suara, Arimin 32 suara, dan Nur Aris 13 suara. Satu suara dinyatakan hangus.

Seusai penghitungan suara, sidang pleno menetapkan Raihan Ariatama sebagai Ketum PB HMI periode 2021-2023.

Diketahui ada 26 Calon Ketum PB HMI, diantaranya :

1. Rizky Muhammad Ikhsan (Depok)

2. Firman Kurniawan Said (Makasar Timur)

3. Muh. Ikrampalesa (Kendari)

4. Alimuddin (Tondano)

5. Bagas Kurniawan (Depok)

6. Muh. Syahril Irianto (Merauke)

7. Raihan Ariyatama (Bulaksumur Sleman)

8. Muh. Nur Aris Shoim (Jogjakarta)

9. Hasan Basri Baso (Makassar)

10. Hadi Rusmanto (Cilegon)

11. Hari Sukma Pradinata (Palembang)

12. Urip Prayitno (Sumenep)

13. Arven Marta (Jakarta Pusat Utara)

14. Pramuhita A Mumdi (Jember)

15. Riyanda Barmawi (Malang)

16. Akmal Fahmi (Bekasi)

17. Chandra Arga (Kolaka)

18. Taufan Ikhsan Tuarita (Makassar)

19. Muh. Ichya Alimudin (Ciputat)

20. Ari Safari Mau (Jakarta Selatan)

21. Bobby Irtanto (Pekanbaru)

22. Iqbal Boiratan (Fakfak)

23. Muh. Gusril Khalik (Jambi)

24. Muh. Arimin (Kutai Kartanegara)

25. Abdul Rabbi Syahrir (Bogor)

26. Rahimkey (Jakarta Pusat Utara)

Profil Raihan Ariatama :

Kader HMI Cabang Bulaksumur, Sleman, Jogjakarta. Ia dikenal sebagai aktivis muda progresif, dengan pemikiran out of the box.

Lulusan Universitas Gajah Mada (UGM) Jogja ini memiliki laman pribadi untuk menuliskan gagasan tulisan-tulisan kenegaraan di laman raihanariatama.id. Usianya masih 29 tahun.

Pria kelahiran 1992 ini menempuh studi S1 di Departemen Politik dan Pemerintahan (DPP), Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (2011-2016) dan kemudian melanjutkan studi S2 di Magister Ekonomi Pembangunan (MEP) UGM, Konsentrasi Perencanaan Pembangunan Daerah (2017-2019).

Beberapa organisasi telah digeluti Raihan Ariatama, antara lain di level intra kampus, Raihan terlibat aktif di Jamah Muslim Fisipol (JMF) UGM (2011-2012), Korps Mahasiswa Politik dan Pemerintahan (KOMAP) UGM (2011-2012), Partai Mahasiswa (Boulevard Party) sebagai Ketua Umum (2013-2015), dan Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) UGM sebagai Menteri Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (PSDM) (2014); sedangkan di level ekstra kampus, ia aktif di Forum Komunikasi Mahasiswa Minang (FORKOMMI-UGM) sebagai Ketua Umum (2013-2014) dan berproses. Raihan Ariatama lahir di Bukittinggi, Sumatera Barat, pada 25 Desember. Tempat banyak para pemikir dan pendiri bangsa berasal. Salah satunya Wakil Presiden ke-1 RI, Mohammad Hatta.

Proses Raihan di HMI bukanlah sebentar. Ia memulai dari tingkat bawah. Dari level komisariat lalu ke cabang hingga pengurus besar.

Di komisariat Raihan Ariatama menjabat sebagai Ketua Bidang Perguruan Tinggi Kemahasiswaan dan Pemuda (PTKP) HMI Komisariat Fisipol UGM (2013-2014).

Masuk ke Cabang, ia mendapat kursi sebagai Ketua Bidang Partisipasi Pembangunan Daerah (PPD) HMI Cabang Bulaksumur Sleman (2015-2016). Hingga akhirnya menduduki posisi Ketua Umum HMI Cabang Bulaksumur Sleman (2016-2017).

Di PB HMI, Raihan Ariatama adalah Fungsionaris PB HMI (2018-sekarang). Tidak hanya di ranah struktural, ia juga telah melaksanakan jenjang perkaderan HMI mulai dari Latihan Kader I, Latihan Kader II, Senior Course, hingga Latihan Kader III.

Bukan hanya bergelut di organisasi ‘Hijau Hitam’. Raihan Ariatama juga aktif di beberapa organisasi lainnya. Salah satunya ia sempat menjabat sebagai Wakil Ketua DPD KNPI Kabupaten Sleman, D.I. Yogyakarta. Pada ranah profesional, Raihan Ariatama pernah bekerja sebagai peneliti di Institute for Democracy and Welfarism (IDW) tahun 2018-2019. Dilanjutkan masuk ke Pandiva Niaga tahun 2019.

Gagasan Raihan Ariatama :

Sebelum kongres HMI, Raihan Ariatama sempat menggelar forum grup diskusi yang membahas salah satu gagasannya untuk panji HMI.

Gagasan Raihan untuk HMI ini lebih mengarah kepada keikutsertaan HMI dalam mengisi perkembangan zaman dan era teknologi serta mampu beradaptasi lebih baik dan lebih cepat dengan semua perkembangan itu.

Hal ini juga mendorong HMI untuk juga bisa mandiri secara ekonomi melalui kegiatan ekonomi dan adaptasi baru pola pengkaderan HMI yang lebih baik dan sesuai tuntutan zaman.

Dalam kegiatan launching gagasan yang bertemakan “HMI Menuju Satu Abad”. Raihan Ariatama memaparkan empat poin utama dengan tagline “Empowering HMI”, yakni pemberdayaan HMI menjadi pengikat dari gagasan gagasan yang ditawarkan oleh Raihan Ariatama.

HMI Digital, HMI E-4.0, HMI Incubator Entrepreneurship, dan HMI Perisai Kebangsaan merupakan empat poin utama dalam membangun dan memperbaharui HMI.

Raihan Ariatama juga optimis bahwa gagasan yang ditawarkannya adalah hal yang paling dibutuhkan HMI hari ini.

“InsyaAllah apa yang kami tawarkan dan gagasan yang kami bawa akan menjadi sesuatu yang baru dan baik untuk HMI kedepannya. Tinggal bagaimana kita semua, seluruh kader HMI sepakat dan mau bersama sama pula menjadikan Empowering HMI sebagai gagasan bersama sehingga apa yang kita harapkan untuk HMI bisa terwujud,” ucap Raihan Ariatama dalam laman raihanariatama dengan sumber ngopibareng.[Portalmakassar]
Komentar

Tampilkan

Terkini