-->

Fantastis!! Persija Kampiun Piala Menpora 2021

26 April, 2021, 05.13 WIB Last Updated 2021-04-25T22:13:03Z
Para pemain Persija Jakarta merayakan gol penyerang Osvaldo Haay (kedua kanan) ke gawang Persib Bandung pada pertandingan leg kedua final Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan, Solo, Minggu (25/4/2021) malam. [ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha]

LINTAS ATJEH | SOLO - Persija Jakarta keluar sebagai kampiun turnamen pramusim Piala Menpora 2021 usai unggul agregat telak 4-1 atas rival beratnya, Persib Bandung.

Persija memastikan diri jadi juara secara komprehensif usai mengalahkan Persib 2-1 pada laga leg kedua final Piala Menpora yang dihelat di Stadion Manahan, Solo, Minggu (25/4/2021) malam WIB.

Persib, yang harus bermain dengan 10 pemain sejak pertengahan babak pertama, sejatinya mampu memberikan perlawanan berarti di Stadion Manahan.

Tim asuhan Robert Alberts sempat menyamakan skor setelahi ketinggalan lebih dahulu oleh gol Persija di awal babak kedua.

Akan tetapi, gol telat Persija yang diciptakan winger Riko Simanjuntak di injury time memastikan kemenangan 2-1 bagi tim asuhan Sudirman, sekaligus kemenangan 4-1 secara agregat serta memastikan raihan gelar juara Piala Menpora 2021.

Jalannya Pertandingan

Persib langsung tancap gas sejak awal pertandingan demi setidaknya menipiskan agregat terlebih dahulu. Setali tiga uang, Persija tetap bermain ngotot meski telah unggul agregat 2-0.

Tampil tanpa sang bomber andalan, Marko Simic yang harus absen akibat suspensi kartu kuning, Persija kembali mengandalkan penyerang muda Taufik Hidayat di laga ini.

Pada menit keempat, Taufik gagal menyelesaikan umpan matang Riko dengan baik.

Pada menit kedelapan, Persija kembali menekan. Namun, Taufik lagi-lagi menyia-nyiakan peluang. Menyambut bola umpan jauh, pergerakan penyerang 21 tahun asal Bandung itu masih dapat diantisipasi kiper Persib, I Made Wirawan.

Persija kemudian lebih mendominasi jalannya pertandingan, serta lebih banyak melancarkan serangan-serangan.

Menit ke-20, Riko menerima umpan dari Osvaldo Haay. Namun, eksekusi sang winger masih belum tepat sasaran.

Petaka untuk Persib datang pada menit ke-22. Mereka harus bermain dengan 10 pemain setelah Bayu Fiqri mendapatkan kartu kuning kedua setelah melakukan pelanggaran pada.

Unggul jumlah pemain dan masih unggul agregat sementara 2-0, Persija praktis kian di atas angin untuk menggondol trofi juara Piala Menpora 2021.

Di kubu Persib sendiri, untuk menambah kekuatan di lini pertahanan setelah Bayu diusir wasit, pelatih Robert Alberts memasukkan Ardi Idrus. Sementara playmaker Esteban Vizcarra harus dikorbankan dengan ditarik keluar pada menit ke-25.

Kalah jumlah pemain, Persib pun berusaha mencuri kesempatan untuk mencetak gol via bola mati dan juga lewat serangan-serangan balik.

Akan tetapi menuju half-time, mereka masih kesulitan untuk membuat ancaman ke gawang Persija yang dikawal kiper Andritany Ardhiyasa.

Sementara itu, Persija di sisi lain terlihat mulai mengendurkan serangan dan lebih banyak memainkan bola di area mereka sendiri. Babak pertama pun rampung dengan skor 0-0.

Persija akhirnya bisa membuka keunggulan pada menit ke-50. Berawal dari umpan Riko, Osvaldo berhasil melepaskan tendangan kerasnya yang tak mampu ditepis kiper Made Wirawan. Skor 1-0 untuk Persija.

Semakin tertinggal membuat Persib lebih berani melakukan pressing ketat ke pertahanan Persija. Adapun Macan Kemayoran yang main santai, masih menunggu kesempatan yang pas buat melakukan serangan.

Persib yang tidak menyerah meski tertinggal cukup banyak, mulai menakan pertahanan Persija pada menit 65. Beberapa peluang sempat didapat, namun Maung Bandung gagal membuatnya menjadi sebuah gol.

Skor 1-0 untuk keunggulan Persija masih belum berubah hingga menit 75. Persib masih berusaha mengejar ketertinggalan, namun kesulitan karena rapatnya pertahanan Persija.

Persib berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-85. Berawal dari free kick Ferdinand Sinaga, Victor Ignonefo berhasil menyundul bola ke gawang Andritany Ardhiyasa. Skor menjadi 1-1.

Persib terus membombardir pertahanan Persija di menit-menit akhir laga. Bek-bek Persija dibuat kewalahan oleh serangan yang dilakukan Ferdinand Sinaga dan kawan-kawan.

Persija menambah keunggulan menjadi 2-1 pada menit 90+1 lewat skema serangan belik. Osvaldo Haay yang larinya tak terkejar berhasil mengumpan kepada Riko yang tak terkawal yang dengan mudah menjebol gawang Persib.

Skor 2-1 untuk Persija tidak berubah hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan. Persija keluar sebagai juara Piala Menpora 2021 karena unggul agregat 4-1.

Susunan Pemain:

Persib Bandung XI: I Made Wirawan, Henhen Herdiana, Victor Igbonefo (C), Achmad Jufriyanto, Bayu Fiqri, Dedi Kusnandar, Beckham Putra, Esteban Vizcarra, Frets Butuan, Ezra Walian, Wander Luiz.

Pelatih: Robert Alberts (Belanda)

Persija Jakarta XI: Andritany Ardhiyasa, Marco Motta, Otavio Dutra, Yann Motta, Tony Sucipto, Rohit Chand, Marc Klok, Braif Fatari, Riko Simanjuntak, Osvaldo Haay, Taufik Hidayat.

Pelatih: Sudirman (Indonesia).[Suara.com]
Komentar

Tampilkan

Terkini