-->

Iklan

Etika dan Logika dalam Pemerintahan

10 Mei, 2021, 08.13 WIB Last Updated 2021-05-10T01:13:03Z
DALAM kehidupan bernegara dan bermasyarakat, bahwasanya filsafat etika dan logika akan selalu menghiasi dalam kehidupan sehari-hari. Seperti halnya dalam pemerintahan bahwa pemimpin harus selalu mengutamakan etika dan logika dalam bersikap untuk mengambil keputusan maupun dalam hal kebijakan. Karena hal ini akan menentukan bagaimana jalannya suatu sistem pemerintahan.

Dalam menjalankan kehidupan, bahwa etika adalah hal yang utama dalam dalam menentukan perilaku manusia. Dimana etika dalam kehidupan sangat berkaitan dengan kepentingan orang lain atau kepedulian terhadap sesama tanpa harus memikirkan kepentingan sendiri terlebih dahulu. Karena pada dasarnya etika itu cara orang agar mengerti dalam berperilaku sesama manusia.

Begitu juga dalam pemerintahan bahwa pemerintah harus mempunyai rasa tanggungjawab dan kepedulian terhadap masyarakat dalam bertindak maupun dalam hal mengambil kebijakan. Dimana pemerintah juga merupakan perwakilan dari rakyat karena dipilih oleh rakyat dan untuk rakyat, yang semestinya mendengarkan kepentingan-kepentingan masyarakat dan mempertimbangkan bagaimana sebaiknya suatu kebijakan yang diambil dalam pemerintah untuk kepentingan bersama.

Inilah merupakan suatu bentuk tanggungjawab dan kepedulian pemerintah kepada masyarakat. Dengan terlaksananya ini  pemerintah telah mewujudkan filsafat tentang etika yang mana pemerintah telah mendahului dan memenuhi kepentingan masyarakat dan kepedulian terhadap masyarakat.

Dalam konteks logika bahwasanya manusia harus memiliki pemikiran-pemikiran yang lurus atau bisa dikatakan bagaimana seseorang dapat berpikir dengan lurus. Dalam kaitannya logika mengajari kita untuk membimbing atau mengajari kita agar dapat berfikir secara benar. Dimana hasil dari pemikiran itu menjadi sebuah keputusan yang kita ambil tidak terdapat kekeliruan yang menghasilkan keputusan yang salah. 

Keputusan yang diambil pastinya akan menimbulkan pro dan kontra di dalam masyarakat, namun hal ini harus dipikirkan oleh pemerintah, dan mengambil langkah yang tepat. Dimana kebijakan yang diambil nantinya walaupun memiliki pro dan kontra namun merupakan sebuah kebijakan yang paling benar dari yang lainnya atau dikatakan sebagai jalan tengah dari suatu permasalahan. Sehingga masyarakat dapat menilai kedepannya bagaimana pola pikir pemerintah dalam mengambil sebuah kebijakan yang tepat.

Maka dari itu etika dan logika dalam kehidupan maupun dalam pemerintahan selalu berdampingan karena setiap kebijakan ataupun tindakan pemerintah selalu berhubungan dengan etika dan logika. Karena bagaimana pemerintah lebih mementingkan kepentingan masyarakat terlebih dahulu dan juga bagaimana pemerintah membuat kebijakan-kebijakan yang tidak merugikan masyarakat. Makanya dengan itu sudah terdapat filsafat etika dan logika dalam pemerintahan.

Penulis: Teulu Laisija Aqhsa (Mahasiswa Ilmu Pemerintahan Universitas Syiah Kuala)
Komentar

Tampilkan

Terkini