-->


Ulfa Rahma, dari Pelosok Rawa Singkil Mengukir Prestasi Nasional

28 Juli, 2021, 17.11 WIB Last Updated 2021-07-28T10:11:21Z
LINTAS ATJEH | ATJEH SINGKIL -Tidak ada yang tidak   mungkin dan  bisa dilakukan selama ada kemauan. Tekad itu  dibuktikan oleh Ulfa Rahma, Mahasiswa Universitas Serambi Mekkah. Dari pelosok  rawa Kecamatan Kuala Baru, Kabupaten Aceh Singkil, dia berhasil mengukir prestasi tingkat nasional. 

Tidak pernah terbayang dalam benaknya dia mampu mengikuti Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam KN-MIPA Tingkat Nasional dan akan bersaing bersama para kontestan lain dari Perguruan Tinggi terbaik di seluruh negeri ini seperti UI, UGM, ITB dan lainnya.

Dari serangkaian seleksi yang ketat hanya dua Perguruan Tinggi dari Propinsi Aceh yang berhak mengikuti kompetisi bergengsi tersebut yaitu Universitas Serambi Mekkah (USM) dan Universitas Syiah Kuala (USK).

Diceritakannya, banyak orang yang awalnya mencemooh Ulfa saat dia memutuskan untuk kuliah di Banda Aceh, dengan kondisi keluarganya yang pas-pasan. Sehari-hari dulu sewaktu di Singkil dia menghabiskan waktu di luar jam sekolah membantu ibunya membersihkan ikan membuat ikan asin untuk dipasarkan, sedangkan ayah berkerja sebagai nelayan tradisional.

“Banyak orang bilang buat apa kuliah. Apa iya bisa sukses. Bagaimana mau buat bayar uang kuliah, kondisi orang tua kan pas-pasan [ekonominya]," ujar anak kedua dari enam bersaudara ini. 

Namun, kondisi ekonomi yang pas-pasan bukan halangan untuk berprestasi. Cemoohan orang atas pilihannya untuk terus kuliah justru menjadi penyemangat diri. 

TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM

"Alhamdulillah ada KIP kuliah yang ditawarkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Universitas Serambi Mekkah, jadi keputusan untuk kuliah di Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh pun semakin yakin dan mantap,” ucapnya. 

Kuliah di Universitas Serambi Mekkah

Ulfa mengatakan keputusannya untuk kuliah di Universitas Serambi Mekkah merupakan pilihan yang tepat dan sangat bersyukur selain mendapat beasiswa KIP kuliah.

"Di Universitas Serambi Mekkah, kami dibimbing oleh para dosen yang sangat profesional di bidangnya dengan gelar Doktor (S3), sehingga kami dapat berprestasi dengan mengikuti kompetisi Saintek bergengsi ini," ujar Ulfa semangat, Rabu (28/07/2021).

Sementara itu Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) USM Jalaluddin, S.Pd, M. Pd mengatakan setiap anak berhak menggapai cita-cita yang mereka inginkan, keterbatasan ekonomi bukan menjadi penghalang bagi mereka untuk berjuang mewujudkan impiannya.

”Kami siap membina anak-anak berprestasi dari seluruh pelosok Aceh untuk kuliah di Universitas Serambi Mekkah dengan berbagai beasiswa yang kami sediakan," ucap Jalal.[CJ/Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini