-->


11 PATI TNI AD Dimutasi, Eks Komandan Pasukan Macan Leuser Bertugas di Kantor Mahfud MD

23 Agustus, 2021, 09.25 WIB Last Updated 2021-08-23T02:27:28Z
Kasdam XII/Tpr Brigjen TNI Djaka Budhi Utama dimutasi sebagai Deputi Bidang Koordinasi Politik Dalam Negeri Kemenko Polhukam, awal Agustus ini. (Foto: Antara).

LINTAS ATJEH | JAKARTA - Mutasi dan rotasi perwira tinggi TNI kembali terjadi. Kali ini terdapat 11 pati Angkatan Darat yang mendapatkan penugasan baru.

Mutasi dan rotasi jabatan tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/706/VIII/2021 tanggal 12 Agustus 2021 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia. Selain 11 Pati TNI AD, mutasi jabatan juga mencakup 3 Pati TNI AL dan 7 Pati TNI AU.

“Mutasi dan rotasi jabatan dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier serta mengoptimalkan pelaksanaan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis,” kata Kabidpenum Puspen TNI Kolonel Laut (KH) Eddys Riyanto dikutip dari laman situs resmi TNI, Minggu (22/8/2021).

Di matra Angkatan Darat, 11 anak buah KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa yang dimutasi tidak semuanya pindah jabatan di struktur AD. Ada pula yang dipercaya mengemban jabatan baru di luar struktur.

TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM

Sebagai contoh Brigjen TNI Djaka Budhi Utama. Jenderal Kopassus ini dimutasi dari Kasdam XII/Tanjungpura menjadi Deputi Bidang Koordinasi Politik Dalam Negeri Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam). Dengan demikian, Djaka akan membantu tugas-tugas Menko Polhukam Mahfud MD.

Dalam rekam jejaknya, Djaka Budhi yang berpengalaman di bidang infanteri ini pernah mengemban berbagai tugas di AD. Lulusan Akademi Militer 1990 ini antara lain pernah menjadi Komandan Batalyon Infanteri 115/Macan Leuser.

Yonif 115 merupakan batalyon infanteri berkualifikasi Raider di bawah komando Korem 012/Teuku Umar, Kodam Iskandar Muda. Pembentukan batalyon ini diresmikan pada 6 Desember 2004 oleh KSAD, ketika itu, Jenderal TNI Ryamizard Ryacudu.

Djaka juga pernah dipercaya memimpin teritorial dengan menjabat Komandan Kodim 0908/Bontang serta Komandan Korem 012/Teuku Umar (2016-2017). Setelah itu dia menjabat Komandan Pusintelad (2017-2018), Waaspam KSAD (2018-2020) dan akhirnya Kasdam Tanjungpura.

Berikut 11 Pati AD dimutasi:

1. Mayjen TNI Susilo Adi P, dari Dosen Tetap Unhan menjadi Dekan Fakultas Manajemen Pertahanan Unhan.

2. Brigjen TNI Djaka Budhi Utama, dari Kasdam XII/Tpr menjadi Deputi Bid. Koordinasi Politik Dalam Negeri Kemenko Polhukam.

3. Brigjen TNI Djauhari, dari Pa Sahli Tk. II Kasad Bid. Jahpers menjadi Kasdam XII/Tpr.

4. Kolonel Inf Bedali Harefa, dari Paban Dokjuk Sdirdok Kodiklatad menjadi Pa Sahli Tk. II Kasad Bid. Jahpers.

5. Brigjen TNI Erwin Herviana S, dari Kapoksahli Pangdam VI/Mlw menjadi Asdep Koordinsai Kesadaran Bela Negara Kemenko Polhukam.

6. Brigjen TNI RP Invancius Pr Siagian, dari Dirdik Seskoad menjadi Kapoksahli Pangdam VI/Mlw.

7. Brigjen TNI Fritz Gerald Manusun Tua Pasaribu dari Asintel Kaskostrad menjadi Dirdik Seskoad.

8. Brigjen TNI Imam Sampurno Setiawan dari Danrem 152 /Babullah (Ternate) Kodam XVI/Ptm menjadi Asintel Kaskostrad.

9. Brigjen TNI Novi Rubadi Sugito dari Aster Kaskostrad menjadi Danrem 152/Babullah (Ternate) Kodam XVI/Ptm.

10. Kolonel Inf Joko Hadi Susilo, dari Ses Disjarahad menjadi Aster Kaskostrad.

11. Brigjen TNI drg Moch Zaelani, SpPros, MARS dari Wakil Dekan Fakultas Teknologi Pertahanan Unhan menjadi Dosen Tetap Unhan.[iNews.id]
Komentar

Tampilkan

Terkini