-->


Peringati 10 Muharram 1443 H, Kampung Upah Gelar Tausyiah dan Santuni Anak Yatim

20 Agustus, 2021, 00.53 WIB Last Updated 2021-08-19T23:36:36Z

Datok Penghulu Kampung Upah, Maula Zikri (dua kiri) sedang menyantuni para anak yatim saat acara memperingati hari Asyura atau 10 Muharram 1443 Hijriyah, di Kampung Upah, Kecamatan Bendahara, Kamis (19/08/2021) siang.

LINTAS ATJEH | ACEH TAMIANG - Dalam rangka memperingati hari Asyura atau 10 Muharram 1443 Hijriyah, Kampung Upah, Kecamatan Bendahara, Aceh Tamiang, menggelar tausyiah dan santuni puluhan anak yatim, Kamis (19/08/2021).

Acara atau hajatan yang kerab disebut Idul Yatama (hari raya anak-anak yatim) tersebut berlangsung di Halaman Mesjid Nurul Mukhlishin Kampung Upah, Kecamatan Bendahara.

Saat berlangsungnya acara, tampak hadir Datok Penghulu Kampung Upah, Maula Zikri, mantan Datok Penghulu Kampung Upah Khairul Adami, Kepala Kemukiman Upah Hulu Khairuddin, Para Perangkat Kampung Upah, Anggota DPRK Aceh Tamiang, H. Syaiful Sofyan, SE, Lembaga Keimaman, MDSK, LKMK, Pengurus BKM, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat setempat.
Ketua Pengurus Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Kampung Upah, selaku Ketua Panitia, Muhammad Rizki, dalam laporannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pemuda-pemudi, jama'ah, donatur serta para dermawan sehingga sukses terlaksananya acara peringatan 10 Muharram 1443 Hijriyah.

Disampaikan juga oleh Muhammad Rizki bahwa suksesnya acara ini dikarenakan adanya kerjasama yang baik antara Pengurus Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) selaku panitia pelaksana acara dengan Remaja Mesjid Nurul Mukhlishin Kampung Upah yang diketuai oleh TM Zulfahmi.

Lanjutnya lagi, dengan terselenggaranya acara ini semoga persatuan dan kesatuan masyarakat Kampung Upah di masa yang akan datang semakin erat, dan lebih mengutamakan kepentingan persatuan secara menyeluruh dari pada kepentingan kelompok atau golongan.
"Kami ucapkan terimakasih kepada seluruh pemuda-pemudi dan  rekan-rekan panitia yang telah bekerja secara maraton sampai dengan saat ini yang tidak mengenal lelah. Semoga segala apa yang telah rekan-rekan perbuat, demi syiarnya agama Islam dan demi terselenggaranya acara ini mendapat ganjaran yang setimpal disisi Allah," demikian laporan yang disampaikan oleh Muhammad Rizki.

TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM

Selanjutnya Datok Penghulu Kampung Upah, Maula Zikri, dalam sambutannya menyampaikan, atas nama pemerintah kampung mengucapkan banyak terima kasih kepada para pemuda-pemudi dan panitia pelaksana peringatan 10 Muharram 1443 Hijriyah.
"Alhamdulillah acara terlaksana dengan sukses dan ucapan terimakasih saya yang sebesar-besarnya kepada seluruh pemuda-pemudi dan rekan-rekan panitia yang telah bekerja saling bahu membahu dalam menyukseskan acara ini. Semoga persatuan dan kesatuan masyarakat Kampung Upah di masa yang akan datang semakin erat lagi dan mendapat keberkahan dari Allah SWT," ujar Datok Maula Zikri.

Sementara itu, di sela-sela acara tersebut, Anggota DPRK Aceh Tamiang, yang juga salah seorang tokoh masyarakat Kampung Upah, H. Syaiful Sofyan, SE, saat dikonfirmasi Lintas Atjeh.com mengatakan bahwa kegiatan 10 Muharram 1443 Hijriyah ini, panitia acara yang didukung sepenuhnya oleh Datok Penghulu serta masyarakat Kampung Upah menggelar acara tausyiah dan peduli terhadap anak yatim dengan memberikan makan (kenduri) dan santunan untuk 29 anak yatim yang ada di kampung tersebut.

"Dalam islam, pada tanggal 10 Muharram dikenal dengan Idul Yatama, yakni hari raya anak-anak yatim. Maka sudah seharusnya kita memberikan kegembiraan bagi para anak-anak yatim dengan cara memberikan perhatian, kenduri dan santunan kepada mereka. Semoga dalam ibadah ini kita semua diberikan kemudahan, kesehatan dan rezeki oleh Allah SWT," terang Syaiful Sofyan.
Peringatan 10 Muharram tahun ini pihak panitia juga mengadakan tausyiah yang dilaksanakan dua kali, yakni pada siang hari dan juga pada malam harinya.

Tausyiah yang pertama dilaksanakan pada saat kegiatan peduli anak yatim, ba'da pelaksanaan shalat Dzuhur dengan penceramah asal Kampung Upah, yakni Ustadz Samsul Huda, S.Ag. 

Untuk tausyiah yang kedua dilaksanakan Ba'da Shalat Isya dengan penceramah asal Kecamatan Kejuruan Muda, Ustadz Mustakim, S.Ud. Dan kemudian dilanjutkan pengumuman juara berbagai perlombaan anak-anak yang telah diselenggarakan dalam rangka merayakan Tahun Baru Islam 1443 Hijriyah, pada Senin (16/08/2021) siang kemarin.[SN]

 

Komentar

Tampilkan

Terkini