-->








Antisipasi Kembali Mewabahnya PMK, Aceh Tamiang Perketat Syarat Sapi Meugang Ramadhan

21 Maret, 2023, 16.26 WIB Last Updated 2023-03-21T09:27:04Z

LINTAS ATJEH | ACEH TAMIANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tamiang memperketat pelaksanaan pemotongan hewan meugang menyambut puasa Ramadhan. Kebijakan ini sebagai antisipasi kembali mewabahnya penyakit mulut dan kuku (PMK).

Pj Bupati Aceh Tamiang, Meurah Budiman secara khusus sudah menerbitkan surat edaran tentang tata cara pemotongan hewan meugang. Surat bernomor 524/1561/2023 itu bukan hanya menyangkut meugang puasa Ramadhan, tapi juga juga mencakup meugang untuk Idul Fitri. 

"Kebijakan ini diberlakukan dalam situasi wabah PMK," kata Meurah melalui surat tersebut, Senin (20/03/2023).

Meurah kemudian melanjutkan surat edaran yang ia tandatangani ini sudah merujuk pada pada keputusan Menteri Pertanian Nomor: 404/KPTS/PK.300/M/5/2022 tentang penetaan daerah wagah PMK. Setidaknya ada enam poin penting yang disampaikan Meurah melalui surat edaran ini.

TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM

Poin pertama ia mengingatkan agar hewan untuk meugang harus didata pada masing-masing kampung dan selanjutnya dilaporkan ke Posko atau petugas peternakan kecamatan minimal satu minggu sebelum meugang.

Poin kedua hewan meugang harus memenuhi syariat Islam. Sebelum disembelih, hewan meugang harus diisolasi mandiri pada masing-masing tempat tinggal pelaksanaan meugang minimal satu minggu.

"Satu kecamatan ditunjuk satu tempat pemotongan biar prosesnya terkontrol, kemudian wajib desinfeksi sebelum dan sesudah pemotongan," kata Meurah.

Syarat lainnya hewan meugang harus dinyakan segar oleh dokter hewan yang berwenang. Dokter hewan bersama petugas peternakan juga bertanggung jawab memeriksa hewan meugang sebelum dan sesudah pemotongan.

Terpisah, Kabid Peternakan Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan (Distanbunak) Aceh Tamiang, Muhammad Yunus memastikan stok daging meugang tahun ini cukup. Berdasarkan pendataan, tahun ini Aceh Tamiang menyiapkan 563 ekor sapi untuk meugang. Rincian sapi ini berupa 512 ekor sapi jantan dan 51 ekor sapi betina tidak produktif.[ZF]


Komentar

Tampilkan

Terkini