-->




Wujudkan Program Sister School, Kepala SMAN 1 Sinabang Lakukan Visitasi ke Sekolah Favorit di Banda Aceh

14 Maret, 2023, 14.42 WIB Last Updated 2023-03-14T07:42:06Z
LINTAS ATJEH | BANDA ACEH - Kepala SMA Negeri 1 Sinabang Kabupaten Simeulue, Winda Safitri, S.Pd, M.Si, berupaya mewujudkan program sister school merupakan sebuah bentuk kerja sama antar sekolah untuk melaksanakan program-program kegiatan bersama.

Untuk mewujudkan program itu, Winda Safitri melakukan visitasi atau kunjungan ke beberapa sekolah favorit yang ada di Banda Aceh dan Aceh Besar beberapa hari lalu.

Kepala SMA Negeri 1 Sinabang saat mengikuti rapat koordinasi semua Kepala SMA/SMK/SLB di Dinas Pendidikan Aceh, Selasa (14/03/2023), mengatakan ada empat sekolah favorit di Banda Aceh dan Aceh Besar yang telah dikunjungi.

Empat sekolah itu masing-masing, SMA Negeri Modal Bangsa Aceh Besar, SMA Negeri 10 Fajar Harapan, SMA Laboratorium Universitas Syiah Kuala dan SMA Negeri 3 Banda Aceh.

"Tujuan visitasi ini salah satunya adalah dalam upaya mengembangkan sekaligus mewujukkan program sister school," kata Winda.

TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM

Dikatakannya, melalui program ini siswa SMA Negeri 1 Sinabang dapat belajar menimba ilmu disekolah mitra sesuai kesepakatan dalam MoU.

Lebih lanjut Winda menjelaskan, SMA Negeri 1 Sinabang salah satu sekolah  memiliki siswa dengan motivasi belajar yang tinggi dan harus diberi kesempatan seluas-luasnya untuk belajar dan berprestasi.

"SMA Negeri 1 Sinabang merupakan sekolah penggerak yang bisa dikatakan berada di daerah 3T namun tak boleh tertinggal dalam hal prestasi, untuk itu perlu program inovatif yang dapat meningkatkan mutu dan prestasi sekolah," ucapnya.

Justru itu melalui visitasi yang nantinya akan dituangkan dalam bentuk memorandum of understanding (MoU) akan ditandatatangani draft nota kerja sama.

"Bukan saja program sister school namun diharapkan guru-guru yang ada di sekolah tersebut sebagai instruktur nasional bisa membantu guru-guru di sekolah kami untuk mengembangkan bahan ajar," lanjut Winda.

Sementara Kepala SMA Negeri Modal Bangsa (Mosa) Aceh Besar, Misra MPd menyampaikan, ucapan terima kasihnya kepada Kepala SMA Negeri 1 Sinabang beberapa hari lalu yang telah berkunjung ke sekolah kami.

"Pada prinsipnya pihak kami sangat mendukung program dan harapan yang disampaikan oleh Kepala SMA Negeri 1 Sinabang," ujarnya.

Kepala SMA Negeri Modal Bagsa menuturkan, sudah menjadi suatu kewajiban bagi sekolah yang berada di perkotaan untuk membantu mengembangkan sekolah di pedesaan apalagi di daerah kepulauan.

"Kita siap membantu guru dan siswa SMA Negeri 1 Sinabang untuk magang ke SMA Negeri Modal Bangsa yang nantinya ditandatangani nota kesepahaman bersama," ungkap Misra.

Dukungan Kabid GTK

Secara terpisah, Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Disdik Aceh, Muksalmina SPd MSi mengatakan, Kepala SMA Negeri 1 Sinabang memprogramkan sister school melalui visitasi ke beberapa sekolah favorit di Banda Aceh dan Aceh Besar suatu hal yang sangat positif dan kreatif

"Kita mendukung program itu apalagi ada pengembangan kompetensi guru, malahan saat beliau bertamu ke ruang GTK, kami telah menunjuk beberapa sekolah favorit di Banda Aceh dan Aceh Besar untuk dijajaki kerjasama," sebutnya.

Harapannya, program yang ditawarkan oleh Kepala SMA Negeri 1 Sinabang mendapat dukungan dari kepala sekolah yang dituju. Kami yakin, empat orang kepala sekolah tersebut akan menyambut baik.

"Semoga segera direalisasikan dalam bentuk MoU, saat penandatanganan nantinya dapat menghadirkan pihak Disdik Aceh, Cabdisdik Wilayah Simeulue, Wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar serta masing-masing kepala sekolah," pungkas Muksalmina.[Datok Rahmat/ Baihaki]
Komentar

Tampilkan

Terkini