-->








Lindungi Generasi Muda Bangsa dari Bahaya Narkoba

10 April, 2023, 21.04 WIB Last Updated 2023-04-10T14:04:09Z
SESUAI dengan Undang-Undang Narkoba Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, Narkoba dibagi 18 dalam 3 jenis yaitu narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya. Sedangkan, menurut UU Narkotika pasal 1 ayat 1 menerangkan bahwa narkotika merupakan zat buatan maupun yang berasal dari tanaman yang memberikan efek halusinasi, menurunnya kesadaran, serta menyebabkan kecanduan.

Narkoba memang sudah tidak asing lagi di telinga kalangan masyarakat Indonesia. Narkoba adalah singkatan dari narkotika, psikotropika dan bahan adiktif lainnya. Oleh karena itu, narkoba sangat berbahaya dan memiliki dampak yang begitu buruk bagi generasi muda dikarenakan narkoba sendiri memiliki berbagai ancaman pada kesehatan dari pemakai.

Narkoba sendiri merupakan jenis obatan yang berasal dari tumbuhan atau bukan tumbuhan baik sintesis maupun semi sintesis, tentu efek yang ditimbulkan dari gejala narkoba itu sendiri sangat berdampak buruk bagi kesehatan generasi bangsa. Penyalahgunaan narkoba merupakan masalah serius yang dihadapi oleh bangsa kita dikarenakan dampak dari penyalahgunaan narkoba itu sendiri dapat merusak moral bangsa. Sehingga sangat penting  pemerintah  mengambil peran disini untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Narkoba memiliki potensi yang tinggi untuk merusak moral, khususnya di kalangan pemuda Indonesia. Peredaran yang masif dan penyalahgunaan narkoba saat ini memerlukan tindakan preventif dari berbagai pihak, antara lain lingkungan, sekolah, rumah, dan masyarakat. Oleh karena itu sangat penting diadakannya sosialisasi tentang bahaya narkotika agar masyarakat lebih paham dampak dari penggunaan narkotika tersebut. 

TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM

Sosialisasi tersebut harus  lebih dikembangkan dan digalakkan oleh pemerintah dan masyarakat luas guna menyelamatkan generasi bangsa yang akan datang.

Hal yang bisa dilakukan generasi muda bangsa dalam mengatasi penyalahgunaan narkoba adalah menanamkan nilai-nilai agama dan meningkatkan keimanan dalam diri masing-masing karena keimanan merupakan kunci untuk mencegah diri dari hal-hal yang tidak diinginkan. 

Selanjutnya perlunya bimbingnan dan binaan yang dilakukan oleh orang tua. Sebagimana yang kita  ketahui orang tua memiliki peranan yang sangat penting dalam memantau aktivitas dan perkembangan anaknya dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu pengawasan dari orang tua disini sangat berarti agar generasi bangsa ini tidak terjerumus dalam narkoba.

Penulis: Iwan Fitrah (Mahasiswa Ilmu Pemerintahan FISIP Universitas Syiah Kuala)
Komentar

Tampilkan

Terkini